3.252 Surat Suara Rusak

berbagi di:
foto-hal-14-sortir-surat-suara

Tampak Wakapolsek Aesesa, Iptu. Dahlan (kanan) memantau para petugas penyortiran surat suara di Nagekeo, kemarin. Foto: Bernard Sapu/VN

 

 

Bernard Sapu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur menemukan 3.252 lembar surat suara Pemilu 2019 rusak.

Kerusakan surat suara tersebut terjadi akibat adanya bercak tinta, titik, sedangkan robek tidak ada. Namun yang ada surat suara yang tidak ada gambar Paslon Presiden dan Wakil Presiden. Kerusakan itu ditemukan saat KPU Nagekeo melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Juru bicara KPU Nagekeo, Yohanes Batista Lagho, Rabu (13/3) kepada awak media di lokasi sekolah SMAN I Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Proses penyortiran dan pelipatan surat suara pada hari pertama ditemukan 3.252 lembar surat suara yang rusak.

Ia mengatakan, jumlah berdasarkan data ada 80.000 lembar surat suara. Setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan ditemukan surat suara yang lebih sebanyak 338 lembar, sehingga total sebanyak 80.338 lembar surat suara. Sedangkan surat suara yang dalam kondisi baik sebanyak 77.086 lembar surat suara.

Batista Lagho menjelaskan, jumlah surat suara yang dilakukan penyortiran pada hari pertama sebanyak 80.338. Yang dalam kondisi baik sebanyak 77.086 surat suara dan yang rusak ada 3.252 lembar. Dari data diluar coli itu hanya 80.000 surat suara. Ternyata ada lebih sehingga jumlah yang rusak dengan yang baik sebanyak 8.0338 lembar.

Untuk kekurangan surat suara keseluruhan,akan disampaikan, karena saat ini masih dalam proses penyortiran dan pelipatan sehingga belum bisa kami pastikan berapa kekurangannya.

Ketua KPU Nagekeo, Quirinus Eleuterius, menjelaskan, terkait pendistribusian logistik ke PPK dan PPS dijadwalkan pada bulan awal bulan April.

“Logistik ke PPK itu tanggal 13 April. Dari tanggal 13 hingga 16 April itu ke PPS,”imbuhnya.

Pantauan VN lokasi penyortiran surat suara yang bertempat di SMAN I Aesesa tersebut dijaga ketat pihak Kepolisian Sektor Aesesa dan TNI AD Koramil Aesesa. (bro/E-1).