4 Faktor Pemicu Kanker Payudara

berbagi di:
kanker-payudara

 
Selain serviks, kanker payudara merupakan penyakit yang paling banyak menjangkiti kaum hawa di seluruh dunia. Dalam menyerang pasiennya, kanker payudara pun tak pandang bulu.

Cengkeramannya menjangkau seluruh lapisan masyarakat, mulai dari ibu rumah tangga hingga wanita karir sekalipun. Tak peduli seberapa tinggi status sosial yang kamu miliki.

Meski penggalakan cegah kanker payudara sudah menggaung di mana-mana, namun hingga kini masih sulit untuk dihentikan. Jumlah penderita kanker payudara pun terus meningkat di seluruh dunia.
Dan sayangnya, banyak yang baru terdeteksi ketika memasuki stadium lanjut. Padahal, kanker payudara bisa disembuhkan jika terdeteksi lebih dini.

Kanker payudara bisa dicegah dengan efektif jika kamu memahami faktor risiko apa saja yang bisa memicu aktifnya sel kanker pada payudara. Karena setiap perempuan, tanpa kecuali, memiliki risiko terkena kanker payudara.

Faktor apa saja yang bisa jadi pemicu kanker payudara pada perempuan?

1. Gender dan Usia

Faktor risiko paling mendasar adalah jenis kelamin dan usia. Perempuan memiliki risiko terkena kanker payudara jauh lebih tinggi dibanding laki-laki. Kaum adam memang bisa terkena kanker payudara, namun presentasenya hanya 1 persen saja.
Selain itu, risiko kanker juga terus meningkat seiring bertambahnya usia. Berdasarkan data dari American Cancer Society, hanya satu dari delapan kasus kanker payudara terjadi pada perempuan di bawah 45 tahun. Dua dari tiga penderita kanker payudara ganas terjadi pada perempuan berusia 55 tahun keatas.

2. Obesitas
Tahukah bobot tubuh juga memegang andil besar dalam perkembangan sel kanker? Berdasarkan data yang dilansir Cancer.gov, perempuan dengan BMI (Body Mass Index) diatas 25 memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

3. Keturunan/Genetik
Jika kamu berasal dari keluarga yang memiliki sejarah kanker, ada baiknya untuk berhati-hati. Karena lima hingga 10 persen kanker payudara disebabkan oleh kecacatan gen yang diwariskan oleh orang tua. Umumnya, ini merupakan akibat dari mutasi gen BRCA1 dan BRCA2.
Sederhananya, kamu dengan keturunan kanker payudara berisiko tiga kali lipat lebih tinggi.

4. Gaya Hidup

Rokok, alkohol, dan pola makan juga memegang peranan penting menyebabkan kanker payudara. Tahukah kamu, bahwa perempuan perokok memiliki risiko kanker payudara 24 persen lebih tinggi dibandingkan yang tidak? Sedangkan untuk mantan perokok, risikonya berada pada angka 13 persen.

Kabar buruk juga menghampiri perempuan peminum alkohol. Jika kamu sering mengkonsumsi dua gelas alkohol setiap hari, risiko kanker payudara meningkat 20 persen.

 

Sumber: Kumparan