Akses Minim Picu Kemiskinan di NTT

berbagi di:
Calon wakil Gubernur NTT Josef A Nae Soi bersama istri berfoto bersama relawan Victory-Joss di Desa Ranakolo, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende, Rabu (30/5).

Calon wakil Gubernur NTT Josef A Nae Soi bersama istri berfoto bersama relawan Victory-Joss di Desa Ranakolo, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende, Rabu (30/5).

 

Son Bara

Victory-Joss membawa misi besaruntuk NTT, yakni kesejahterahan. Karena itu, jika terpilih, dalam waktu tiga tahun akses jalan provinsi sudah selesai dibenahi.

Minimnya akses penunjang bagi masyrakat sebagai salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat di Provinsi NTT terus berkutat dengan kemiskinan. Hingga kini NTT tetap berada pada urutan ketiga sebagai provinsi termiskin.

“Kita harus bisa mengubah stigma yang selama ini melekat kuat dijuluki sebagai provinsi miskin. Saatnya kita bangkit menuju kesejahterahan dan sejajar dengan daerah nain di dalam republik ini,” kata calon Wakil Gubernur NTT Yosef A Nae Soi di hadapan ratusan tim pemenangan pasangan Victory-Joss di wilayah Pantai Utara, Kabupaten Ende, Rabu (30/5).

Ia mengatakan, saat ini, kehadirannya bersama calon Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat tidak meminta emas atau uang dari masyarakat NTT.

“Kami datang tidak meminta harta dari masyarakat NTT, tetapi kami cuma meminta kuasa dari masyarakat NTT untuk memipin NTT. Membawa perubahan dan kesejahterahan bagi masyarakat. Secara pribadi dan keluarga, saya menyampaikan ucapan terimah kasih atas dukungan suara yang pernah diberikan bagi saya ketika maju sebagai anggota DPR RI. Hari ini saya kembali ke NTT bersama calon Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat membawa misi besar, kita harus bangkit bersama menuju kesejahterahan. Kalau kuasa dan legitimasi itu diberikan kepada kami, maka yakinlah pasangan Victor dan Josef akan mampu mengusir ‘setan’ dari provinsi NTT. Selama ini masyrakat NTT hidup dalam kungkungan ‘setan’ kemiskinan, keterbatasan sarana dan akses bagimasyarakat, kekurangan pasokan listrik, kererbatasan sarana air minum bersih serta akses transportasi yang buruk. Kondisi ini yang haris kita rubah dan kita bersama harus bangkit mengusir ‘setan’ dari NTT. Pasangan Victory-Joss sangat yakin bisa mengubah wajah NTT untuk sejajar dengan daerah lain,” jelasnya.
Dua Gubernur
Untuk itu, menurutnya, untuk membangun NTT butuh dua gubernur.

“Kita butuh dua gubernur untuk memimpin NTT. Saya bersama calon Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat sudah bersepakat bahwa NTT harus dibangun dengan dua gubernur. Dan kami akan menjadi gubernur 1 dan gubernur 2 untuk bekerja membawa perubahan di NTT. Komitmen kami sudah bulat untuk kembali membangun NTT dengan nurani. Saya dan Viktor Bungtilu Laiskodat tidak dapat dipisahkan. Kami memiliki satu komitmen yang sama untuk membawa perubahan dan mengangkat NTT dari stigma buruk yang selama ini terus membelenggu masyrakat NTT. Karena itu saat ini kami berdua membutuhkan kuasa dari masyarakat NTT dan pastikan kuasa itu diberikan kepada pasangan Victory-Joss pada tanggal 27 Juni nanti,” tegasnya.

Menurutnya, persoalan minimnya infrastruktur yang dirasakan masyarakat saat ini terutama buruknya akses jalan provinsi yang minim yang berdampak luas pada tingkat pendapatan dan kesejahterahan masyarakat.

“Harga komiditi menjadi murah karena transportasi jalan sangat tidak menunjang. Yakinlah ini adalah janji yang pasangan Victory-Joss sampaikan, dalam waktu tiga tahun akses transportasi akan selesai diperbaiki dan ditingkatkan mutunya. Salah satu prioritas pembangunan jalur transportasi ada diwilayah pantai utara Kabupaten Ende, dan itu akan kami wujutkan untuk mempercepat akses transportasi baik barang dan jasa,” ujarnya.
Siap Menangkan Victory-Joss
Sementara itu, ratusan tim pemenangan di luar struktur partai di wilayah utara yang meliputi lima kecamatan di wilayah pantai utara Kabupaten Ende. Ikrar siap menangkan dan memberikan kuasa pada pasangan Victory-Joss sebagai gubernur dan wakil Gubernur NTT, disampaikan secara langsung di hadapan calon Wakil Gubernur NTT Yosef Nae Soi.

Tokoh muda Robert Rera mengatakan, kaum muda Ende siap menangkan Victory-Joss. “Hari ini kita berkumpul bersama di Desa Ranakolo Kecamatan Wewaria. Kita sudah nyatakan secara bersama-sama ikrar siap menangkan pasangan Victory-Joss di wilayah pantai utara. Kehadiran tim pemenangan saat ini mewakili lima Kecamatan di wilayah Pantai Utara Kabupaten Ende yakni Kecamatan Wewaria, Kecamatan Detukeli, Kecamatan Maurole, Kecamatan Kota Baru, dan Kecamatan Maukaro,” jelasnya.

Sekretaris tim pemenangan Victory-Joss Honing Sani dalam arahannya mengatakan, sebagai tim relawan dan tim independen yang berada di luar struktur partai harus terus bekerja dengan mengedepankan etika dan norma dalam melakukan penggalangan dukungan. (mg-15/C-1)