Alumni Informatika Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

berbagi di:
Jajaran Badan Pengurus Ikatan Alumni Informatika Unwira periode 2018-2023 foto bersama para dosen dan ketua prodi usai pelantikan, di Hotel Sotis Kupang, Sabtu (1/12). Foto: Carles Jerama/VN

Jajaran Badan Pengurus Ikatan Alumni Informatika Unwira periode 2018-2023 foto bersama para dosen dan ketua prodi usai pelantikan, di Hotel Sotis Kupang, Sabtu (1/12). Foto: Carles Jerama/VN

 

Carles Jerama

Sebagai salah satu bentuk dukungan moral, para alumni Program Studi (Prodi) Informatika, Fakultas Teknik Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang melakukan berbagai bentuk kegiatan untuk mendukung kualitas lulusan almamater tercinta, salah satunya dengan sharing pengalaman di dunia kerja bersama para dosen dan mahasiswa.

Ketua Ikatan Alumni Prodi Informatika Unwira Kupang, Jossy Seran dalam sambutannya saat pelantikan Badan Pengurus Ikatan Alumni Informatika Unwira, di Hotel Sotis Kupang, Sabtu (1/12) mengatakan ikatan alumni dibentuk karena kerinduan alumni untuk menjalin komunikasi dan silahturahmi antara sesama alumni, mahasiswa dan lembaga.

Tugas alumni, jelas Seran, melakukan sharing pengalaman di tempat kerja masing-masing bersama para dosen dan mahasiswa agar disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan di lembaga pendidikan tersebut.

“Kita berbagi dengan para dosen agar mata kuliah yang diajarkan di kampus harus mampu menjawab kebutuhan di dunia kerja. Itu adalah salah satunya, saya pikir ada banyak hal yang bisa dilakukan alumni nantinya, melalui program kerja bersama,” tuturnya.

Alumni, kata dia, siap membangun hubungan kerja dengan Prodi Informatika Unwira sebagai bentuk pengabdian diri bagi almamaternya.

Ketua Prodi Informatika Unwira, Emiliana Moelbatak dalam sambutannya mengatakan bahwa alumni adalah tulang punggung Prodi Informatika. Peran alumni diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan atau program kerja alumni yang dapat berkontribusi bagi peningkatan akreditasi lembaga atau Prodi Informatika Unwira.

“Ada satu poin yang berkaitan dengan kegiatan alumni dalam pengisian borang akreditasi. Jadi, kegiatan alumni ada nilainya ketika kami mengurus akreditasi prodi,” katanya.

Mutu lembaga, lanjutnya, ada di pundak alumni. Alumni sebagai cerminan dari segala proses pendidikan yang berjalan pada Prodi Informatika Unwira.

“Jadi, ketika alumni kita banyak terserap di lapangan kerja. Apa lagi kalau mereka menjadi orang-orang terpacaya dari perusahaan, maka kualitas prodi kita semakin tinggi. Kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah pun semakin meningkat”, pungkasnya.

Ia berterima kasih kepada para alumni yang dengan sukarela menginisiasi pembentukan wadah ikatan alumni.

Pantauan VN, Badan Pengurus Ikatan Alumni Prodi Informatika Unwira dilantik oleh Ketua Prodi Emiliana Moelbatak. Wadah tersebut merupakan gabungan dari para alumni angkatan pertama tahun 2001 hingga angkatan tahun 2018. Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji di hadapan mahasiswa, alumni dan para dosen. Badan Pengurus yang dilantik akan mengabdi sampai tahun 2023. (mg-08/H-2)