Angin Kencang di Sikka, Ratusan Rumah Porak Poranda di Sikka

berbagi di:
Salah satu rumah di Sikka yang terdampak angin kencang. Foto: Yunus Atabara/VN

Salah satu rumah di Sikka yang terdampak angin kencang. Foto: Yunus Atabara/VN

 

Yunus Atabara

Angin kencang di Kabupaten Sikka menyebabkan ratusan rumah penduduk porak-poranda. Sesuai data BPBD Sikka, kerusakan rumah terbanyak terjadi di Desa Hoder, Kecamatan Waigete, yakni 47 unit rumah.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sikka, Bakri Kari kepada VN di ruang kerjanya, kemarin.

“Sejak kejadian sampai sekarang kami baru turun di beberapa desa. Kerusakan paling banyak di Desa Hoder yang mencapai 47 rumah. Sedangkan di beberapa desa lainnya di bawah itu,” kata Bakri.

Selain rumah, angin kencang juga merusak tanaman perdagangan milik warga.

“Tim BPBD Sikka yang turun bekerja sama dengan kepala desa dan camat untuk mendata kerusakan yang terjadi di setiap desa,” kata Bakri, yang berharap agar para camat, kades dan lurah proaktif melaporkan data kerusakan di lapangan.

“Tim kami terbatas. Jadi kami harap kepala desa, lurah dan camat, proaktif melaporkan secara tertulis kerusakan yang terjadi di wilayahnya masing-masing,” jelas dia.

Terpisah Wakil Ketua DPRD Sikka, Donatus David meminta pemerintah bergerak cepat membantu masyarakat yang menjadi korban. “Hampir seluruh wilayah Kabupaten Sikka terdampak, jadi pemerintah harus bertindak cepat agar dapat memberikankan penanganan yang tepat kepada korban,” kata Donatus David.