Asita Tak Keberatan Pulau Komodo Ditutup

berbagi di:
Abed Frans

Abed Frans

 

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Provinsi NTT Abed Frans kepada VN, Kamis (7/2) mengaku pihaknya tidak keberatan dengan rencana penataan kembali Pulau Komodo, termasuk penutupan Pulau Komodo.

“Kita senang karena sudah ada kejelasannya, dibandingkan dengan sebelumnya yang belum diputuskan, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan mengatur paket perjalanan wisata ke TNK secara lebih proporsional,” jelasnya.

Jika hasil riset tim terpadu merekomendasikan penutupan sementara kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo, Asita akan melakukan penyesuaian karena masih ada destinasi (pulau) lain dalam kawasan TNK yang bisa ditawarkan ke pasar.

“Tidak masalah bagi kita, karena masih ada waktu sekitar 10 bulan ini sehingga kita akan jelaskan kepada wisatawan. Tetapi bukan penutupan TNK, melainkan hanya Pulau Komodo. Jadi kita bisa tawarkan paket kepada wisatawan untuk ke Rinca, Padar, atau Pink Beach, dan sejumlah lokasi lain di kawasan TNK,” urainya.

Abed tidak mempermasalahkan penjualan tiket masuk ke kawasan TNK yang direncanakan akan dipusatkan di Labuan Bajo.

“Justru menurut kami itu akan lebih baik, karena data pengunjung akan terekam secara terpusat. Jadi kalau saja teman-teman wartawan butuh data kunjungan, tidak harus butuh waktu lama untuk mendapatkannya,” tegasnya.

“Kalau itu sudah menjadi keputusan pemerintah, kita pasti lakukan. Tetapi kita juga minta agar kenaikan tarif masuk ini juga diimbangi dengan fasilitas dan pelayanan yang bisa diterima wisatawan saat berada di kawasan TNK,” urainya.

Frans mencontohkan, ketiadaan alat pemadam kebakaran di dalam kawasan TNK menyebabkan pemadaman api seperti kebakaran di Gili Lawa beberapa waktu lalu lamban ditangani, hanya karena alat pemadam kebakaran harus menunggu didatangkan dari Labuan Bajo.

“Intinya tidak masalah dengan kami, tetapi harus ada jeda waktu yang cukup antara perubahan tarif maupun kebijakan penutupan ke Pulau Komodo. Jadi kami tidak terlanjur menjual paket tour ke Pulau Komodo,” tandasnya. (mg-02/mg-01/mi/C-1)