Baru Dua Bulan sudah ada 68 Lakalantas di Kota Kupang

berbagi di:
ilustrasi tabrakan

 
Kasat Lantas Polres Kupang Kota Iptu Rocky Junasmi mengatakan berdasarkan data Satlantas Polres Kupang Kota, sejak Januari-Februari 2018 sudah terjadi 68 kasus lakalantas. Dari 68 kasus lakalantas itu, delapan orang meninggal dunia, delapan korban luka berat, dan 94 korban luka ringan. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 111.150.000.

Rocky menjelaskan lakalantas didominasi oleh pengendara roda dua yang berusia produktif, terutama para remaja dan kaum muda.

Rocky menambahkan dalam kegiatan penindakan pelanggaran tercatat sebanyak 962 kasus, dan terbanyak di antaranya tidak menggunakan helm sebanyak 914 kasus.

“Kami mencatat pelanggar lalu lintas terbanyak didominasi oleh masyarakat yang tidak menggunakan helm, sehingga dikenakan tindakan langsung (tilang),” ungkap Rocky.

Penindakan pelanggaran lainnya tercatat sebanyak 39 kasus pelanggar batas usia, pelanggar yang melakukan tindakan lawan arus sebanyak 4 kasus, pelanggar yang melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi sebanyak 3 kasus, dan pelanggar yang mabuk miras 1 kasus.

“Pelanggaran berupa tidak menggunakan helm sebanyak 914 kasus. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bersama,” ucapnya.

Ia menambahkan, helm sangat bermanfaat melindungi kepala dari kemungkinan benturan jika terjadi kecelakaan. Helm adalah perangkat yang wajib dikenakan saat berkendaraan (sepeda motor). (tia/H-2)