BTNK akan Berlakukan Tiket Online

berbagi di:
foto-hal-04-master-komodo-mabar-041118

 
Gerasimos Satria

Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) akan segera melakukan uji coba karcis masuk secara online di awal tahun 2019 mendatang.

Kepala BTNK Budhy Kurniawan, Jumat (6/12) mengatakan jika uji coba berhasil, maka pemberlakuan tersebut akan ditetapkan bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Menurutnya, rencana uji coba itu akan diberlakukan secara internal lembaga dan jika berhasil maka akan diinformasikan ke sejumlah perusahaan swasta jasa perjalanan wisata maupun secarah perorangan.

Ia mengatakan, sistem ini akan memudahkan pengunjung masuk ke kakawasan komodo dan menghindari adanya “Carring Capasity”.

“Mempermudahkan pengontrolan dan tidak terjadi penumpukan kunjungan di satu lokasi obyek wisata. Sehingga jika dipandang berjubelnya wisatawan maka sistem akan memblok penutupan penjualan tiket. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan habitat Komodo itu sendiri sehingga komodo tidak merasa terganggu dengan aktivitas kunjungan,” ujar Budhy.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Mabar, Sebastian Pandan mengapresiasi terobosan BTNK. Sebagai pelaku pariwisata, ia mendukung kemajuan sistem moderen yang diterapkan sehingga bisa diakses kapan saja oleh para wisatawan.

Pengusaha Biro jasa Tour and Travel lokal di Labuan Bajo, Yohanes Romaldus juga mengaku senang sistim penjualan tiket online. Perusahaan jasa perjalanan wisata tidak lagi hiruk pikuk mencari tiket.

“Ya tentu kita sambut baik. Senang. Sangat memudahkan orang memesan tiket dari mana saja untuk masuk ke kawasan TN Komodo,” kata Romaldus. (bev/ol)