Bupati Lakukan Groundbreaking PLTMh Kamanjara dan Kalilang

berbagi di:
Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora melakukan peletakan batu pertama Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) Kamanjara dan Kalilang, di Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, Kamis (12/10).

Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora melakukan peletakan batu pertama Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) Kamanjara dan Kalilang, di Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, Kamis (12/10). Foto: Frangky/VN

 
Frangky Johannis

Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora didampingi Penasihat Senior MCA Indonesia Syahril Loetan, Direktur Operasional IBEKA Sapto Nugroho, Direktur Energi, Telekomunikasi, dan Informatika Bappenas Rachmad Mardiana, Kepala Seksi Perlindungan Lingkungan Aneka Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM M Alhaqurahman Isa, wakil dari Kemendes Mansyur Tiro, dan Kepala Dinas ESDM Provinsi NTT Boni Marasin, melakukan groundbreaking Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) Kamanjara dan Kalilang, Kamis (12/10), di Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Bupati Gidion dalam sambutannya mengatakan, masyarakat dan pemerintah Sumba Timur menyampaikan terima kasih kepada MCA Indonesia, IBEKA, Bappenas, Kementerian ESDM, Kemendes, dan Pemprov NTT, atas kolaborasi berbagai program/kegiatan seperti pembangunan PLTMh Kamanjara, Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai dan PLTMh Kalilang, Desa Kambata Bundung, Kecamatan Kahaungu Eti, serta pompa irigasi yang dilaksanakan groundbreakingnya saat ini, disamping juga pendampingan pengembangan industri kecil tenun ikat Desa Kemanggih, Kecamatan Kahaungu Eti.

“Ini berkat Tuhan yang dibawa konsorsium IBEKA yang didukung MCA Indonesia bagi masyarakat di sini. Mudah-mudahan bantuan seperti ini diberikan bagi masyarakat Sumba Timur di wilayah-wilayah lain,” katanya.

Bupati Gidion mengungkapkan, potensi sumber daya energi baru dan terbarukan di Kabupaten Sumba Timur besar sekali. Hampir di setiap kecamatan memiliki air terjun yang tidak pernah kering selama musim kemarau serta potensi angin dan matahari yang bisa dikembangkan

“Terhadap potensi energi baru dan terbarukan ini, kami juga berniat untuk adopsi model yang dikembangkan MCA dan IBEKA melalui dana APBD, namun kami tetap mohon dukungan dari MCA Indonesia, IBEKA, Bappenas, Kementerian ESDM, Kemendes, untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini ke depan,” katanya.

Penasihat Senior MCA Indonesia Syahril Loetan berharap PLTMh Kamanjara, Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai dan
PLTMh Kalilang, Desa Kambata Bundung, Kecamatan Kahaungu Eti ini menjadi salah satu tonggak penentu bahwa hibah yang diberikan kepada Millenium Challenge Corporation (MCC) Amerika Serikat kepada Pemerintah Indonesia dan ditempatkan di sini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap setelah proyek ini berakhir, manfaatnya terus dapat dinikmati karena masyarakat memeliharanya dengan baik,” katanya.

Direktur Operasional IBEKA Sapto Nugroho mengatakan, enegri baru dan terbarukan merupakan tulang punggung kegiatan ekonomi, sehingga diharapkan dengan dibangunnya PLTMh masyarakat akan mendapatkan manfaat yang lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Pejabat Kemendes Mansyur Tiro mengatakan, pembangunan PLTMh ini merupakan perwujudan Nawa Cita ketiga Presiden Jokowi-JK, yakni membangun Indonesia dari pinggiran. Pemerintah Pusat tentunya tidak bisa membangun sendirian tetapi perlu dukungan, sehingga Kemendes berterima kasih kepada MCA dan IBEKA yang telah membantu membangun PLTMh untuk percepatan pembangunan di Sumba Timur ini.

Kepala Seksi Perlindungan Lingkungan Aneka Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM M Alhaqurahman Isa mengatakan, membangun itu tidak terlalu sulit, tetapi yang sulit itu adalah pemeliharaan. “Pemeliharaan itu merupakan faktor kunci. Mudah-mudahan pemerliharaan dapat dilakukan oleh pengelola, sehingga dapat berkelanjutan dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Direktur Energi, Telekomunikasi, dan Informatika Bappenas Rachmad Mardiana mengatakan, keberlanjutan PLTMh ini harus menjadi komitmen seluruh masyarakat. Sehingga, selain mendukung kebutuhan dasar listrik juga menjadi tonggak peningkatan perekononiam masyarakat di sini.