Calon Direksi Bank NTT Masih Lengkapi Berkas

berbagi di:
FOTO HAL 02 Ketua KRN Bank NTT Sukardan Aloysius

Ketua KRN Bank NTT Sukardan Aloysius

 

Hingga saat ini calon Dewan Direksi Bank NTT masih melengkapi berkas lamarannya sesuai hasil check list yang dilakukan Direktur Kepatuhan (Dirkep).

Ketua Komite Renumerasi Nominasi (KRN) Bank NTT, Alo Sukardan kepada VN, Senin (7/1) mengatakan pihaknya sudah meminta para calon direksi untuk segera melengkapi berkas sesuai dengan catatan yang sudah diberikan oleh Dirkep Bank NTT. Kemudian, dokumen yang telah dilengkapi akan diajukan kembali kepada Dirkep untuk dilakukan verifikasi.

“Kami sudah meminta para calon untuk melengkapi berkas mereka. Kalau sudah lengkap kembalikan kepada Dirkep lagi,” kata Alo Sukardan.

Ia berharap para calon segera melengkapi berkas yang sudah dikembalikan tersebut. “Kami berharap semakin cepat semakin baik untuk proses melengkapi berkas tersebut” jelasnya.

Samuel Djo, anggota KRN Bank NTT, juga membenarkan berkas lamaran para calon direksi dikembalikan oleh Dirkep Bank NTT untuk dilengkapi.

“Ada dokumen yang memang harus disempurnakan oleh para calon menurut catatan Dirkep,” ungkapnya.

Dokumen seperti riwayat hidup, surat pernyataan yang belum ditanda tangani di atas materai menjadi perhatian dari para calon untuk dilengkapi. “Kami sudah beritahukan kepada para calon dan semoga saja dalam minggu ini berkasnya sudah lengkap,” jelansya.

Samuel menekankan batas waktu paling lambat para calon melengkapi berkas tersebut untuk pihak KRN sampai 9 Januari mendatang. Jika dokumen telah lengkap, maka KRN selanjutnya akan menyerahkan semua dokumen untuk dilakukan final complain check list oleh Dirkep.

Samuel menjelaskan jika semua persyaratan sudah sesuai dengan undang-undang sesuai hasil verifikasi Dirkep, maka pihak direksi yang selanjutnya akan menyampaikan berkas para calon kepada OJK untuk dilakukan fit dan proper test bagi semua calon yang sudah disetujui.

Direktur Kepatuhan (Dirkep) Bank NTT Hilarius Minggu yang diwakili oleh Kasubdiv Humas Bank NTT, menjelaskan bahwa Dirkep Bank NTT telah mengembalikan berkas lamaran yang sudah dimasukkan sebelumnya oleh KRN. Berkas dikembalikan setelah dilakukan complain check list selama satu minggu oleh pihak Dirkep.

“Selama satu minggu pihak Dirkep melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan berkas yang diajukan oleh pihak KRN, ” jelasnya.

Ia menjelaskan tugas Dirkep Bank NTT hanya memeriksa kesesuaian dokumen sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Dirkep dan jajaran tugasnya itu hanya memeriksa kesesuaian berkas dokumen calon direksi apakah sudah sesuai dengan undang-undang atau belum,” jelasnya.

Ia mengatakan, Dirkep akan kembali menerima berkas calon dewan direksi oleh pihak KRN setelah dilengkapi.

Kepala OJK Wilayah NTT, Robert Sianipar mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima berkas calon dewan direksi Bank NTT.

Sebelumnya Robert menyampaikan bahwa yang akan menggelar fit dan proper test adalah pihak Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan. Pihak OJK hanya akan menjadi fasilitator komunikasi untuk kelengkapan berkas calon dewan direksi Bank NTT. (mg-05/R-2)