Danau Kelimutu Berubah Warna Lagi

berbagi di:
received_315751125705139_1_1

 

Foto: Istimewa

 

Son Bara

Sepanjang Desember 2018 hingga awal Januari 2019, sudah lima kali Danau Kelimutu berubah warna.

Danau tiga warna yang terletak di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur ini memang selalu menakjubkan karena perubahan warna terus terjadi. Namun, hingga saat ini penyebab pasti perubahan warna belum diketahui.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu (BTNK) Agus Sitepu kepada VN, Kamis (3/1) mengatakan salah satu dari tiga danau sudah lima kali berubah warna sejak Desember 2018 hingga Januari 2018.

“Memang benar ada perubahan warna hanya pada Danau Ata Polo. Khusus Danau Atapolo yang awalnya berwarna hijau, saat ini sudah berubah warna menjadi hitam. Sebelumnya perubahan warna terjadi dari hijau menjadi hijau tosca, terus berubah menjadi hijau tua. Di awal bulan ini terjadi lagi perubahan warna dari hijau tua menjadi coklat dan sekarang menjadi hitam,” jelas Sitepu.

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak BMKG dan bidang Vulkanologi terkait perubahan ini karena Kawasan Danau Kelimutu merupakan kawah dari gunung api aktif.

Sejauh ini, petugas pemantau di kawasan Danau Kelimutu mengatakan kondisi relatif aman dan stabil. Tidak ada perubahan reaksi dari aktivitas gunung berapi. Diperkirakan perubahan warna tersebut akibat reaksi senyawa kimia yang mempengaruhi terjadinya perubahan warna.

“Kita tetap memantau secara langsung dan juga menggunakan kamera CCTV untuk melihat perubahan secara detail. Dengan adanya perubahan warna tersebut untuk beberapa waktu ini ada lonjakan kunjungan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang melihat secara langsung di kawasan Danau Kelimutu. Kita juga tetap menghimbau pengunjung untuk selalu waspada dan berhati-hati akibat perubahan cuaca saat ini,” tegas Sitepu. (bev/ol)