Dubes RI untuk Ecuador Kagumi Budaya Manggarai

berbagi di:
Duta Besar (RI) Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono sedang memperagakan tarian caci saat mengunjungi Desa Wisata Liang Ndara untuk menyaksikan pertunjukan tarian adat Manggarai. Foto: Gerasimos Satria/VN

Duta Besar (RI) Ecuador, Diennaryati Tjokrosuprihatono sedang memperagakan tarian caci saat mengunjungi Desa Wisata Liang Ndara untuk menyaksikan pertunjukan tarian adat Manggarai. Foto: Gerasimos Satria/VN

 
Gerasimos Satria

Duta Besar Republik Indonesia untuk Ecuador, Diennaryati Tjokrosuprihatono mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (25/1) siang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Jelamu.

Tiba di Labuan Bajo, Diennaryati langsung menuju Kampung Cecer, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling untuk menonton berbagai antraksi budaya Manggarai seperti tarian Caci, tarian Rangkuk Alu dan Sanda yang dipertunjukan oleh Sangar Budaya “Riang Tana Tiwa”.

“Budaya dan adat masyarakat Manggarai sangat luar biasa. Ini mesti dipertahankan,wisatawan pasti sangat senang dengan pertunjukan budaya masyarakat lokal,” tutur Diennaryati usai menonton pertunjukan tarian Caci.

Ia mengaku siap memperkenalkan obyek wisata dan budaya masyarakat NTT di luar negri terutama di negara ia bertugas sehingga banyak orang tertarik datang ke NTT.

“Saya minta masyarakat lokal di Manggarai Barat untuk melestarikan tarian caci dan tarian adat lainnya sebagai budaya dan antraksi wisata,” harap Diennaryati.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Marius Jelamu mengatakan Dubes Diennaryati memang sengaja datang untuk melihat langsung pesona NTT.

“Dia pasti akan mempromosikan budaya kita di negara luar negeri. Dengan begitu wisatawan pasti akan tertarik untuk mengunjungi Manggarai Barat,” tambah Marius. (bev/ol)