Festival Tiga Gunung segera Digelar Pemkab Lembata

berbagi di:
Foto: Gunung Ile Werun yang akan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Festival Tiga Gunung

Gunung Ile Werun yang akan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Festival Tiga Gunung

 

 

Hiero Bokilia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata, Nusa Tenggara Timur dalam waktu dekat akan menggelar Festival Tiga Gunung yakni Gunung Ile Batutara, Ile Lewotolok, dan Ile Werun. Festival bertaraf nasional ini akan diisi dengan berbagai atraksi budaya dari warga masyarakat di sekitar tiga gunung.

Bupati Lembata Eliyaser Yentji Sunur kepada VN, Selasa (10/1) mengatakan Festival Tiga Gunung yang direncanakan itu memilih tiga gunung yakni Ile Batutara yang sedang tren, Ile Lewotolok yang mempunyai sensasi, dan Ile Werun yang memiliki tampilan berbeda dan merupakan aset pariwisata yang sudah lama tidak diangkat.

Festival Tiga Gunung yang akan dilaksanakan tersebut, lanjutnya, akan melibatkan seluruh masyarakat dari tiga gunung tersebut dan didukung alokasi dana dari pemerintah. Sehingga, tutur nenek moyang dan cerita-cerita rakyat masa lalu yang dapat dikisahkan dan dilakoni, dapat ditampilkan dalam festival. Pemerintah juga mendorong anak muda kreatif yang mencintai tradisi untuk menghidupkan nilai dan tradisi budaya masyarakat yang berdiam di sekeliing tiga gunung ini

“Kita dorong struktur-struktur budaya dikuatkan dan hidupkan cerita-cerita leluhur dan hidupkan anak-anak muda yang mencintai tradisi dan budaya. Dengan demikian, masyarakat dan anak muda kita bisa punya penghasilan dengan menampilkan atraksi saat ada wisatawan yang datang,” kata Sunur.

Ia mengatakan, festival tersebut rencananya dilaunching di Jakarta dan acara puncak nanti diharapkan dapat dihadiri Presiden Joko Widodo.

Menggenjot bidang pariwisata dengan menggelar Festival Tiga Gunung, kata Sunur, agar Lembata memiliki brand dan citra di bidang pariwisata seperti Manggarai Barat yang memiliki Komodo dan Ende yang memiliki Kelimutu sebagai brand di bidang pariwisata.

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langodai menambahkan, saat ini sedang dipersiapkan tim kerja dan menghimpun kerjasama dengan seluruh stakeholder dan pegiat pariwisata untuk mencari momen dan lokasi yang tepat untuk pelasanaan acara puncak festival.

“Apakah puncak festival yang tepat di Ile Batutara, Ile Lewotolok atau di Ile Werun akan dibicarakan bersama untuk menemukan lokasi yang pas,” kata Langodai.

Ketiga gunung tersebut, lanjutnya, memiliki kekhasannya masing-masing tinggal dikemas festivalnya dengan rangkaian acaranya, prosesnya agar seluruh rangkaian acaranya betul-betul menggema pada acara puncak.

Ia berharap, agar seluruh rangkian acara dapat menggugah Pemerintah Pusat dan ada keterlibatan kementerian terkait. Diharapan pula agar Presiden Joko Widodo bisa hadir saat acara puncak. Sebab, lanjutnya, jika Presiden hadir maka akan menggerakkan sektor-sektor lainnya di Lembata.

“Untuk isi acaranya kita akan bicarkan dulu dan dengarkan masukan dari stakeholder untuk gelar Festival Tiga Gunung pertama di Indonesia,” tandas Langodai. (bev/ol)