Ganti Paspor Cuma Butuh e-KTP dan Paspor Lama

berbagi di:
Ilustrasi paspor Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ilustrasi paspor Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

 

 

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, memberikan kemudahan prosedur dan persyaratan untuk anda yang hendak mengganti dan atau memperpanjang paspor.

Dikutip dari laman www.imigrasi.go.id, yang perlu anda siapkan untuk pergantian paspor hanyalah e-KTP dan paspor lama. Penggantian paspor pun dapat diselesaikan hanya dalam jangka waktu satu hari sejak dilakukan pembayaran.

Kebijakan ini telah mulai diujicoba sejak 16 Mei 2017 di kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan. Dan dalam pengumuman yang diunggah di akun twitter resmi @DitJen_Imigrasi pada Kamis (19/10), kebijakan itu kini telah berlaku di seluruh wilayah se-Indonesia.

“Berlaku di seluruh Kantor Imigrasi (Kanim) di Indonesia, tapi untuk paspor keluaran setelah tahun 2009 dan keluaran dalam negeri,” tulis pihak Ditjen Imigrasi menjawab pertanyaan netizen di twitternya.

Selain mempermudah persyaratannya, pemohon juga tidak perlu antre di kantor Imigrasi. Pemohon cukup mengisi daftar antrean lebih dulu di aplikasi berbasis Android dengan nama Antrian Paspor Online.

“Dengan aplikasi ini, ada kemudahan bagi pemohon paspor karena tidak perlu melakukan antrean secara langsung di kantor Imigrasi. Caranya daftar melalui http://www.antrian.imigrasi.go.id untuk mendapatkan nomor antrean,” jelasnya.
Sumber: Kumparan