Kampung Bank NTT Dapat Bantuan Traktor dan Sumur Bor

berbagi di:
Kepala Bank NTT Cabang Waingapu Saul Wenji (kanan) menyerahkan kunci traktor kepada Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora (kiri), di kantor UPT Translok Lainbaru, Desa Laindeha, Selasa (10/10) petang. Foto : Frangky Johannis /VN

Kepala Bank NTT Cabang Waingapu Saul Wenji (kanan) menyerahkan kunci traktor kepada Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora (kiri), di kantor UPT Translok Lainbaru, Desa Laindeha, Selasa (10/10) petang. Foto : Frangky Johannis /VN

 

 

Frangky Johannis

Masyarakat Kampung Bank NTT di Desa Laindeha, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur mendapat bantuan satu unit traktor pertanian, satu unit sumur bor, dan modal BUMDes.

Bantuan traktor dan modal BUMDes merupakan sumbangan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank NTT Cabang Waingapu, sementara sumur bor merupakan bantuan Balai Sungai Wilayah Wilayah Nusa Tenggara II (BSW-NT II), Satker VNT Air Tanah dan Air Baku NT II, melalui kegiatan Air Tanah dan Air Baku Tahun Anggaran 2017.

Penyerahan bantuan bantuan traktor, sumur bor, dan modal BUMDes tersebut, diserahkan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora di kantor UPT Translok Lainbaru, Desa Laindeha, Selasa (10/10) petang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, Ketua DPRD Sumtim Palulu P Ndima beserta sejumlah anggota DPRD, Kepala Bank NTT Cabang Waingapu Saul Wenji, Pengawas Air Tanah dan Air Baku BSW-NT II Wilayah III Sumba Wilhelmus Mir, sejumlah pimpinan OPD, para undangan, serta warga Translok Lainbaru dan masyarakat Desa Laindeha lainnya.

Bupati Gidion dalam sambutanya meminta masyarakat memanfaatkan fasilitas yang diberikan secara maksimal, serta menjaga dan merawatnya dengan baik.

Menurutnya, sebagian besar wilayah Sumba Timur dan juga Desa Laindeha memiliki potensi pertanian lahan kering yang cukup baik. Namun, yang menjadi kendala utama masyarakat mengembangkan potensi pertanian tersebut adalah kurangnya ketersediaan air dan kekesulitan alat dan mesin pertanian (alsintan). Sehingga, dengan dengan bantuan sumur bor dari BSW-NT II dan traktor dari Bank NTT, warga Translok Lainbaru sudah bisa memanfaatkan bantuan tersebut mengembangkan buidaya tanaman hortikultura, disamping memenuhi kebutuhan air minum, mandi, dan cuci.

Bupati Gidion juga menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT dan BSW NT II yang sudah memberikan bantuan tersebut.
Terus Memberikan Dukungan
Kepala Bank NTT Cabang Waingapu Saul Wenji mengatakan, Bank NTT sudah memberikan bantuan untuk warga Translok Lainbaru sejak mulai pembangunan rumah translok tersebut. Dan, saat ini bantuan satu unit traktor dan modal BUMDes diberikan untuk mendukung ekonomi masyarakat setempat.

Menurutnya, ke depan Bank NTT akan terus memberikan dukungan di semua bidang ekonomi bagi warga Kampung Bank NTT ini, baik di bidang pertanian, peternakan, kerajinan, dan bidang ekonomi lainnya melalui KUR dan kredit mikro.

“Kami juga mempersiapkan tenaga untuk pendampingan KUR dan kredit mikro, serta menempatkan pula agen laku pandai di lokasi Kampung Bank NTT di sini,” katanya.

Saul Wenji juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah dan DPRD Sumba Timur yang menerima secara baik kehadiran Bank NTT ditandai restu pencanangan Kampung Bank NTT di Translok Laindeha ini.

Sementara itu, Kepala Desa Laindeha Joni Marambatana mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan DPRD Sumba Timur yang telah memperhatikan masyarakat Desa Laindeha, terutama warga Translok di Laibaru, dengan mengarahkan bantuan ke wilayah tersebut.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT yang telah mencanangkan Translok Lainbaru sebagai Kampung Bank NTT, dan memberikan bantuan traktor melalui CSR.

“Terima kasih yang sama pula kami sampaikan kepada Balai Sungai Wilayah NTT II yang juga telah membangun sumur bos untuk menjawab kebutuhan air bersih masyarakat di sini,” kata dia. (enq/E-1)