KPU Akan Sortir Surat Suara Logistik PSU TTS

berbagi di:
logistik pemilu

 

 
Komisi Pemilihan Umum Dareah (KPUD) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) akan menyortir surat suara untuk Pemilihan Suara Ulanh (PSU) 20 Oktober mendatang.

Sekretaris KPU TTS, Marsel Taneo ketika ditemui VN di ruang kerjanya, Rabu (10/9) mengatakan surat suara sudah tiba di KPU TTS.

“Sabtu sampai Minggu kami akan sortir surat suara serta persiapan kotak suara. Sortir makan waktu dua hari. Sedangkan tanggal 15 sampai 17 Oktober itu pengepakan,” jelasnya.

Menurutnya, KPU akan menggunakan tenaga dari Sekretariat dan PPK dari 10 kecamatan untuk menyortir surat suara dan diawasi Bawaslu TTS dan polisi.

Setiap jenis logisitik yang dimasukkan ke dalam kotak suara, jelasnya, akan dicek dan dibuatkan berita acara pengepakan.

“Kami terbuka untuk melihat surat suara dan logistik yang masuk dalam kotak suara. Dan akan dipastikan bahwa semua sudah lengkap lalu dibuatkan berita acara. Logistik yang ada di luar maupun di dalam kotak ada berita acaranya,” jelasnya.

Ia mengatakan ada dua jenis berita acara, yakni berita acara pengepakan dan berita acara distribusi logistik. Distribusi logistik akan dilakukan pada tanggal 18-19 Oktober.

“Kami akan pastikan surat suara sebanyak 9.041 ditambah 2,5 persen cadangan, serta semua kebutuhan termasuk segel sudah ada, hologram, tinta, semua logistik sudah ada, dalam kotak, baru dilakukan pendistribusian,” ujarnya.

Dia menambahkan logistik berupa formulir yang berkaitan dengan PSU, masih dalam proses cetak oleh CV Pelangi di Kupang. Sedangkan surat suara sudah ada di KPU TTS dan tinggal menunggu jadwal penyortiran.

Saat ini, lanjutnya, para komisioner KPU setempat sedang gencar melaksanakan sosialisasi PSU di desa-desa yang melakukan PSU, yakni di 19 desa di wilayah 10 kecamatan.

Perlu diketahui, PSU yang dilakukan di 30 TPS menelan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar sesuai perencanaan.

Ketua Bawaslu TTS, Melky Fay menegaskan pihaknya akan melakukan pengawasan melekat setiap proses PSU dari awal hingga PSU berakhir.
Pengawasan secara melekat pada saat melakukan penyortiran logistik agar dipastikan bahwa semuanya lengkap sebelum didistribusikan ke TPS-TPS. (kon-02/R-4/bev)