KPU Nagekeo Siapkan 100 Petugas Sortir Surat Suara Pemilu

berbagi di:
foto-hal-14-sortir-surat-suara

Tampak Wakapolsek Aesesa, Iptu. Dahlan (kanan) memantau para petugas penyortiran surat suara di Nagekeo, kemarin. Foto: Bernard Sapu/VN

 
Bernard Sapu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur menyiapkan 100 orang petugas untuk menyortir dan melipat surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Proses sortir dilakukan 20-25 hari.
Ketua KPU Nagekeo, Quirinus Eleuterius, kepada VN, Rabu (13/3) di lokasi SMAN I Aesesa mengatakan, penyortiran dilakukan SMAN I Kabupaten Nagekeo menggunakan 4 ruangan kelas.

“Para petugas penyortiran sebanyak 100 orang ini ditargetkan 1.000 surat suara perorangan. Estimasinya akan selesai dalam 20 hari, melesetnya 25 hari masih bisa kita kejar. Petugas ini bekerja dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WITA,”ungkapnya.

Penyortiran diawasi enam personil Kepolisian Sektor Aesesa berjumlah 6 orang dan TNI AD Koramil Aesesa serta Bawaslu Tingkat Kabupaten Nagekeo.

Jika ada masalah atau kekurangan saat sortir maka akan segera dikoordinasi untuk dilengkapi.

Komisioner Bawaslu tingkat Kabupaten Nagekeo, Johanes Nonga mengatakan penyortiran termasuk tugas berat sehingga perlu dilaksanakan sesegera mungkin agar jika ada kekurangan bisa dikomunikasikan.

“Apalagi cuaca saat ini belum normal,”tandasnya.

Sementara itu Wakapolsek Aesesa, Iptu. Dahlan, kepada VN mengatakan, sejak dari pagi hingga siang tadi petugas penyortiran surat suara berjalan aman dan lancar.

“Untuk proses penyortiran surat suara ini kami dari pihak Kepolisian Sektor Aesesa selalu tetap berada di lokasi penyortiran. Baik menjaga di lokasi serta mengawal saat hendak mengambil logistik surat suara di Kantor KPU Nagekeo,” imbuhnya.

Salah seorang pelipat surat suara, Petra Carolina mengaku, selama hampir 2 jam, ibu rumah tangga itu mampu melipat sebanyak 278 lembar surat suara.