KPUD Sumba Tengah Launching Tahapan Pilkada

berbagi di:
Ketua KPUD Sumba Tengah Renggi Jerimani memukul gong disaksikan Bupati Sumba Tengah Umbu S. Pateduk dan undangan lain,Senin ( 9/10).

Ketua KPUD Sumba Tengah Renggi Jerimani memukul gong disaksikan Bupati Sumba Tengah Umbu S. Pateduk dan undangan lain,Senin ( 9/10).

 
Frengky Keban

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Senin (9/10) melaunching tahapan program dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Tengah periode 2018-2023 di Aula Kantor Camat Katikutana, Senin (9/10).

Hadir dalam acara tersebut, komisioner KPUD Provinsi NTT Thomas Duhu, Bupati Sumba Tengah Umbu S. Pateduk, Wakil Bupati Sumba Tengah Umbu Dondu, Ketua DPRD Sumba Tengah Umbu Neka, Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Inf. Fifin Zudi Syainudin, Kapolsek Katikutana Kompol I Ketut Saba, para pimpinan OPD, Ketua Panwaslu Sumba Tengah, pimpinan parpol, para kepala desa, para siswa-siswi dan masyarakat.

Kepada VN, Ketua KPUD Sumba Tengah Renggi Jerimani mengaku launching program baru dilaksanakan namun tahapan prosesnya sudah berlangsung beberapa bulan terakhir.

“Memang terlambat dari yang seharusnya kesemuanya itu murni karena penandatanganan NPHD yang sedikit terlambat dari jadwalnya,” katanya.

Meski demikian, KPUD Sumba Tengah berkomitmen untuk menyukseskan pilkada di lima kecamatan di Sumba Tengah.

Ia berharap proses pilkada berjalan lancar dan ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti,” ujarnya.

Sementara, Bupati Sumba Tengah Umbu S. Pateduk mengatakan pilkada merupakan peristiwa penting demokrasi dalam berbangsa dan bernegara. Pilkada harus dilihat secara komprehensif sejak awal hingga akhir proses.

Ia juga mengingrtai politik dan pemerintah untuk bisa menahan diri dan tidak ambisius dalam proses pilkada nanti. Jika tidak maka demokrasi bermartabat yang diimpikan tidak akan pernah tercapai.

“Termasuk di dalamnya politik membawa nama agama. Harus berani tolak itu karena pancasila tidak pernah ajarkan itu kepada kita,” pesannya.

Di kesempatan yang sama, ketua DPD PAN Sumba Tengah, Jeriko Umbu Gauka mengatakan lauching pilkada merupakan upaya KPU untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar mengetahui tahapan pilkada mendatang.

Sementara terkait kesiapan PAN Sumba Tengah menjelang pilkada, Jeriko menyampaikan pihaknya saat ini masih menunggu arahan partai terkait pasangan calon yang diusung untuk Pilkada Sumba Tengah.