LIPI Bangun Fasilitas Riset Obat Tradisional

berbagi di:
bambang_subiyanto_dep_lipi

 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun fasilitas penelitian obat tradisional dengan standar cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB) di Serpong, Tangerang. Pengembangan fasilitas dimaksudkan untuk mempercepat penghiliran hasil penelitian kesehatan dan obat yang telah dikembangkan selama ini serta memberikan dukungan terkait dengan riset dan pengembangan produk kepada mitra industri.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui Paket Kebijakan Ekonomi ke-11 tentang pengembangan industri kefarmasian dan alat kesehatan,” kata Pelaksana Tugas Kepala LIPI Bambang Subiyanto melalui keterangan resminya saat peletakan batu pertama pembangunan fasilitas riset tersebut, Kamis (8/3).

Bambang menjelaskan fasilitas penelitian obat tradisional diperlukan untuk menjawab permasalahan kesehatan serta mendukung kemandirian bahan baku obat secara nasional. Karena itu, LIPI menaruh perhatian terhadap penelitian serta pengembangan kesehatan dan obat dengan berbagai riset terkait dengan penggunaan tanaman obat serta bahan aktifnya untuk bahan baku obat.

Ia melanjutkan, Indonesia memiliki 1.247 industri dan usaha obat tradisional, 10 di antaranya termasuk perusahaan industri obat tradisional skala besar. (Media Indonesia)