Masyrakat Pulau Ende Butuh Jeti

berbagi di:
Jpeg

 

 
Son Bara

Beberapa warga asal Pulau Ende, di Kabupaten Ende, NTT yang ditemui VN di pesisir Pantai Mbongawani, Kamis (30/11) mengeluhkan sarana penunjang pelabuhan yang minim.

Salah satu warga Pulau Ende, Hamza Achmad mengatakan memasuki musim barat, gelombang laut dan angin kencang cukup membahayakan keselamatan warga yang melakukan pelayaran ke Kabupaten Ende untuk membeli berbagai kebutuhan.

“Turun temurun kami melewati masa dan kondisi yang sangat sulit. Kami ini dari generasi ke generasi tidak pernah merasakan fasilitas dermaga yang baik. Setiap kali kalau kami datang dan akan kembali ke Pulau Ende pasti akan menggunakan sampan untuk diantar ke kapal motor,” keluhnya.

Ia mengatakan anak-anak hingga orang dewasa sering harus berjuang melawan ganasnya ombak di pantai selatan.

Ia bersama warga lain berharap pemerintah bisa membangun fasilitas dermaga jeti yang memadai bagi masyarakat.

Menurutnya, selain sangat beresiko bagi keselamatan pribadi tak jarang barang kebutuhan yang dibeli di Kota Ende pun beresiko rusak.

Pantauan VN di pesisir Pantai Mongawani Ende, terlihat beberapa warga sibuk menaikan barang elektronik dan belanjaan lain ke kapal motor untuik dibawa ke Pulau Ende.
Beberapa buruh menawarkan bantuan untuk memikul barang ke perahu yang akan membawa mereka ke perahu motor yang mengantar mereka ke Pulau Ende. (bev/ol)