Mendes Tantang Pemkab Sumba Timur Cairkan Dana Desa Akhir Januari

berbagi di:
Mendes Tantang Pemkab Sumba Timur Cairkan Dana Desa Akhir Januari

Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali memberikan penjelasan kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, saat dialog dengan para kepala desa dan camat se-Kabupaten Sumba Timur, di gedung Nasional, Waingapu, Kamis (18/1) malam.

 

Frangky Johannis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur dan para kepala desa ditantang untuk segera mencairkan Dana Desa Tahun Anggaran 2018 pada akhir Januari ini karena sejumlah daerah telah mencairkan dana desa pada pertengahan bulan ini.

Tantangan tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, saat berdialog dengan para kepala desa dan camat se-Kabupaten Sumba Timur, di gedung Nasional, Waingapu, Kamis (18/1) malam.

Menurut Menteri Eko Putro Sandjojo, Pemerintah Pusat terus mempermudah proses pencairan dana desa. Langkah ini dilakukan agar dana desa benar-benar memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan kawasan perdesaan.

Menurutnya, jika sebelumnya proses pencairan baru bisa dilakukan paling awal di bulan Maret, mulai tahun ini kepala desa sudah bisa menerima dana desa di bulan Januari.

Selain itu, kata dia, persyaratan pencairan juga dipermudah. Di mana format laporan pertanggungjawaban penggunaannya dibuat lebih sederhana (simple).

Eko Putro Sandjojo menjelaskan, kebijakan mempermudah pencairan dana desa merupakan instruksi Presiden Joko Widodo, agar
masyarakat desa benar-benar mendapatkan manfaat dari Dana Desa.

“Saya tantang Pak Wakil Bupati, Ketua DPRD, para camat, dan para kepala desa untuk mencairkan Dana Desa pada akhir Januari karena di Sumba Barat Bupati-nya sudah berkomitmen untuk mencairkan Dana Desa sebelum 25 Januari,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Eko meminta penguatan peran bupati, wakil bupati, dan kalangan DPRD terhadap para kepala desa dalam pengelolaan Dana Desa. Harus ada kerja sama yang solid antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa dalam mempercepat pencairan dana desa, dalam mengarahkan penggunaan dana desa agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Sukses atau tidaknya setiap desa, tergantung kepala desa dan bupatinya. Saya tantang kadesnya, jangan sampai uangnya sudah sampai di kabupaten, namun kepala desa belum siapkan APBDes-nya,” tambahnya.

Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali pada kesempatan itu mengatakan, tantang Menteri Desa PDTT tersebut siap ditindak lanjuti dengan memproses Dana Desa yang sudah disalurkan Pemerintah Pusat dii Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang ada di daerah, agar segera masuk Kas Daerah pada akhir Januari mendatang.

Untuk itu, Umbu Lili meminta agar para kepala desa segera menyiapkan segala administrasi yang berkaitan dengan pencairan Dana Desa, sehingg bisa dicairkan pada pertengahan bulan Februari mendatang.

Para kepala desa yang ditanya langsung kesiapan mereka menyelesaikan administrasi yang disyaratkan untuk pencairan, ramai-ramai menjawab siap untuk lebih awal mencairkan dana tersebut untuk melaksanakan pembangunan di desa. (bev/ol)