Mobil Truk Terjun Bebas ke Rumah Warga

berbagi di:
img-20180811-wa0011

 

 

Gerasimos Satria

Sebuah mobil Dumb Truck jeni Mitsubishi Canter warna kuning terjun bebas ke salah satu rumah warga Dalong, Desa Watu Ngelek, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, Jumat (10/8) sore sekitar pukul 16.40 Wita. Mobil bernomor polisi EB 2235 G yang mengangkut barang bagunan itu keluar dari badan jalan, lalu terjun masuk ke rumah Sirilus Semau.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Namun, pintu dan dinding rumah hancur karena tertimpa mobil. Pemilik rumah terpaksa menginap di rumah tetangga sambil menanti rumahnya diperbaiki.

Pemilik rumah Maria Surianti kepada VN mengatakan saat pertiwa itu terjadi dirinya sedang berada di rumah tentangga. Sementara sang anak dan beberapa orang temannya yang sedang tidur siang di rumah tersebut.

 

Ketika terdengar suara kendaraan yang terjun ke arah rumahnya, ia langsung berteriak meminta anak dan temannya yang keluar melalui pintu belakang.

“Anak kami empat orang tidak ada yang luka. Saat mobil lari mundur ke arah rumah langsung saya teriak memanggil anak-anak agar segera keluar rumah. Semua anak selamat dari peristiwa itu,’’ tutur Surianti.

Dia mengisahkan pertiwa mobil angkutan umum terjungkal masuk ke rumahnya sudah dua kali. Hal itu disebabkan kondisi jalan yang mendaki dan tidak lebar. Ketika ada kendaraan yang mengangkut material yang banyak maka mudah terjun ke arah rumah. Salah satu solusi agar kendaraan tidak masuk ke rumah warga yakni pelebaran jalan serta memperbaiki titik-titik yang rusak. Apalagi jalan tersebut merupakan jalan negara yang setiap hari ramai dilewati angkutan umum.

Surianti mengatakan untuk sementara ia dan keluarga terpaksa menginap sementara dirumah tetangga sembari menanti perbaikan rumah.

Ia berharap pemilik kendaraan segera memperbaiki rumah agar ia dan keluarga tidak terlalu lama tinggal di rumah tetangga.

“Posisi rumah kami memang sangat tidak nyaman. Berada di titik yang sering terjadi kecelakaan. Setidaknya dalam tahun ini sudah dua kali mobil masuk kerumah akibat tidak bisa naik mendaki pada jalan yang ada di depan rumah,’’ kata Surianti.

Sopir truk Paskalis Rinus mengatakan mobil yang dikendarainya terjun ke rumah warga lantaran as kendaraan tidak berfungsi. Selain itu kondisi jalan yang kurang bagus menyebabkan mobil lari mundur sampai ke rumah warga.

“Kendaraan tidak mengalami kerusakan parah hanya pintu dan dinding rumah warga yang rusak. Kendaraan akan ditarik ke jalan untuk diperbaiki. Sedangkan barang yang ada didalam kendaraan akan dipindahkan ke kendaraan angkutan lain,’’ ujar Paskalis.

Pemilik kendaraan, Robby yang ditemui media ini di lokasi kejadian mengaku kendaraan miliknya disewa oleh orang untuk mengangkut material bangunan dari Labuan Bajo menuju Lembor. Namun, ia berjanji akan memperbaiki kerusakan yang timbul akibat peristiwa itu. (bev/ol)