Pemerintah Dekati Penunggal Dana PEM

berbagi di:
ilustrasi uang

 
Syarif Lamabelawa

Pemerintah Kelurahan Solor, Kota Kupang terus melakukan pendekatan kepada warga yang macet dalam mengembalikan Dana Pemberdayaan Masyarakat (PEM).

“Sifatnya bergulir jadi yang sudah meminjam harus mengembalikannya untuk terus digulirkan kepada mereka yang belum meminjam,” kata Lurah Solor Muslim Nurawi.

Terhadap beberapa orang yang bermasalah dalam pengembalian, terpaksa pihaknya menggunakan Babimkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan pendekatan, dan sudah bisa diselesaikan.

Menurutnya, pihaknya menghindari proses hukum dalam penanganan masalah bagi mereka yang macet dalam pengembalian karena tujuan dari bantuan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat dalam berusaha.

Karena itu, pihaknya selalu menggunakan pendekatan pemberdayaan dengan terus memberikan pendampingan dan pembinaan, agar dana tersebutk dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

Mengenai pendekatan dengan Babinkamtibmas dan Babinsa, ia beralasan itu tidak untuk semua, namun dilihat dari oknumnya saja, dan seberapa jauh itikad baik dari warga bersangkutan untuk mengembalikan dana tersebut.