Pemprov Sudah Lakukan Seleksi Pejabat

berbagi di:
Wakil Ketua DPRD NTT Alex Take Ofong memberikan kata pembuka saat rapat Badan Anggaran di ruang Kelimutu DPRD NTT, Senin (11/2). Alex didampingi Sekda NTT Ben Polo Maing (kiri) dan Wakil Ketua Yunus Takandewa. Foto: Nahor Fatbanu/VN

Wakil Ketua DPRD NTT Alex Take Ofong memberikan kata pembuka saat rapat Badan Anggaran di ruang Kelimutu DPRD NTT, Senin (11/2). Alex didampingi Sekda NTT Ben Polo Maing (kiri) dan Wakil Ketua Yunus Takandewa. Foto: Nahor Fatbanu/VN

 

 

Jumal Hauteas
Wakil Ketua DPRD NTT, Alexander Take Ofong mengatakan Pemerintah Provinsi NTT sudah melakukan seleksi mengisi jabatan struktural terkait perampingan OPD.

Hal ini disampaikan Alex kepada VN di ruang kerjanya, Senin (11/2) usai bersama Wakil Ketua DPRD NTT lainnya Yunus Takandewa memimpin rapat Badan Anggaran (Banggar) yang dihadiri Sekda Provinsi NTT, Benediktus Polo Maing, anggota Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan sejumlah anggota Banggar DPRD Provinsi NTT.

Ia mengatakan DPRD meminta penjelasan dari pemerintah mengenai bagaimana formulasi yang digunakan pemerintah daerah terhadap sejumlah pejabat eselon II, III, dan IV yang jabatannya hilang dalam struktur OPD yang baru.

“Pemerintah menjelaskan sudah melakukan seleksi pengisian jabatan struktural ini secara terbuka untuk menempatkan orang yang tepat pada tempat yang tepat. Karena perampingan ini juga tidak melanggar aturan yang lebih tinggi, dan normal dalam sebuah tatanan birokrasi,” jelas Alex mengulangi penjelasan Sekda Polo Maing.

Sebelumnya Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT Mulu Blasius memastikan hasil seleksi para pejabat akan diserahkan kepada Gubernur VBL untuk ditetapkan dalam SK.

Ia menjelaskan tugas Pansel pejabat eselon II Pemprov NTT resmi berakhir setelah 44 pejabat eselon II melakukan presentasi dan wawancara. Tahap selanjutnya adalah hasil tes dirangkum dan diberi nilai dan kemudian diserahkan kepada Gubernur VBL (Dibantu Wagub dan Sekda) untuk penempatan pejabat di setiap OPD.

“Ini sudah wawancara dan setelah ini langsung diserahkan kepada user (Gubernur) untuk ditempatkan dengan pembuatan SK (surat keputusan), lalu dilantik,” jelasnya.

Dia menjelaskan, proses presentasi dan wawancara ini merupakan tahap akhir seleksi pejabat eselon II, dan hasilnya akan langsung diserahkan kepada Gubernur NTT dibantu Wakil Gubernur Josef Nae Soi dan Sekda Polo Maing. (mg-02/R-4)