Pendaftaran Calon Anggota KPU NTT Dibuka

berbagi di:
KPU Siap Terima Hasil Sidang DKPP

 
Polce Siga
Tim Seleksi (Tim) calon anggota KPU NTT membuka pendaftaran bagi masyarakat umum yang berminat menjadi anggota KPU NTT 2019-2024 mulai 19-27 September 2018.

Ketua Timsel Djidon de Haan mengatakan pendaftaran dibuka sesuai dengan hari kerja di luar hari libur.

“Jadi setelah pengumuman kita akan membuka pendaftaran mulai tanggal 19-27 September 2018. Bagi yang berminat silahkan mendaftar bisa datang langsung bawa berkas atau melalui online,” katanya.

Ia mengatakan, banyak persyaratan bagi calon anggota KPU NTT seperti surat lamaran, surat pernyataan dan surat keterangan dari instansi terkait. Menurutnya, persyaratan harus dipenuhi oleh setiap pelamar.

“Jadi misalnya ada surat keterangan yang menerangkan bahwa yang bersangkuatan bekas anggota parpol tertentu atau pernah hukum atau dijatuhkan pidana,” kata Djidon.

Selain itu, peserta juga harus menyiapkan makalah terstruktur yang terdiri dari lima bagian ini. Menurutnya, ada sejumlah persyaratan dan lainnya yang akan diumumkan ke publik.

“Jadi dalam seleksi itu ada tes tertulis dan kali kita menggunakan CAT atau yang berbasis komputer. Setelah ujian itu langsung kita tahu hasil. Jadi tidak menunggu hasil dari timsel lagi,” ujarnya.

Sementara itu, anggota timsel Dr Umar Ali mengatakan, usia minimal bagi calon KPU provinsi 35 tahun dan kabupaten 30 tahun. Menurutnya, syarat tidak pernah dihukum dan pendidikan terakhir juga menjadi pertimbangan timsel, termasuk test kesehatan.

Umar mengatakan, dalam proses perekrutan ini timsel sangat membutuhkan partisipasi masyarakat untuk menyampaikan keberatan terhadap calon anggota KPU provinsi. Keberatan yang disampaikan dengan bukti yang valid akan menjadi pertimbangan timsel setelah meminta klarifikasi.

Anggota timsel lainnya, Ahmad Atang menambahkan, sistem kerja timsel sangat terbuka dan peserta bisa gugur dalam beberapa tahapan seleksi termasuk tahapan tanggapan masyarakat. Menurutnya, tanggapan masyarakat yang disertai bukti tentu calon akan digugurkan.

Ia mengatakan, dalam proses pendaftaran nanti jika tidak mencapai 30 orang atau enam kali lipat dari jumlah anggota KPU provinsi, maka akan diperpanjang pendaftaran. Dalam perpanjangan tidak ada penambahan, maka tetap dilanjutkan. (pol/C-1)