Peringati Hari Anti Korupsi, Mahasiswa STPM Ende Gelar Aksi Bisu

berbagi di:
Exif_JPEG_420

 
Son Bara

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Ende menggelar aksi bisu dan bagi-bagi bunga, Jumat (7/12) untuk memperingati Hari Anti Korupsi 9 Desember mendatang. Aksi yang digelar di simpang lima Kota Ende mendapat respon positif dari masyarakat.

Koordinator Aksi, Stefanus Kuju mengatakan, aksi ini bentuk kepedulian mahasiswa untuk mengingatkan berbagai kalangan memberantas kasus korupsi.

“Ini bentuk dan kepedulian mahasiswa berkaitan dengan makin maraknya korupsi yang terjadi belakangan ini. Hampir disetiap pemberitaan media baik telefisi maupun media cetak, korupsi menjadi sajian menu utama. Bahkan korupsi sudah merambat sampai pada tingkat atau aparat desa. Hari ini kami mahasiswa STPM menggelar aksi bisu dan membagi bunga bagi masyarakat dan pengendara untuk bersama memerangi korupsi. Aksi bisu ini mau menunjukan kepada
masyarakat bahwa korupsi sudahsabgat kronis. Kami mahasiswa STPM mengajak dan mebgetuk hati masyarakat dan juga para pemangku kebijakan serta aparat penegak hukum untuk bersama memberantas praktik korupsi di Kabupaten Ende.” tegas Stefanus Kuju.

Terpisah, D=dosen pebdamping sekaligus dosen mata kuliah anti korupsi Kampus STPM Ende, Yulita Eme menjelaskan, aksi bisu dan bagi-bagi bunga sebagai tanda kepedulian masyarakat memerangi perilaku korupsi yang sudah membudaya saat ini.

“Kita sebagai bagian dari kelompok kritis dan kalangan civitas akademika mengajak masyarakat untuk memerangi budaya korupsi yang kian marak. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dan praktik lapangan dari mata kuliah anti korupsi. Aksi diam atau aksi bisu ini dilakukan karena dalam prespektif kami sudah banyak pihak yang bucara tentang korupsi. Aksi ini juga untuk mengajak masyarakat bersama memerangi korupsi dan menjadi bagian dari masyarakat yanf anti korupsi. Kita akan terus menyuarakan pemberantasan korupsi dan praktik tercela lainnya sebagai bentuk kontrol dari mahasiswa dan kalanfan akademisi.” tegas Yulita.

Pantauan VN, mahasiwa dibagi dalam beberapa kelompok dan melakukan aksi bagi-bagi bunga kepada pengendara baik roda dua dan roda empat serta melakukan aksi longmarch sejak pukul 10.00 Wita. Aksi berjalan tertib dan aman(bev/ol).