PLN Fokus Perbaiki Listrik di 1.300 Rumah

berbagi di:
53573923_2567690549940000_5796472619842666496_n-1

 
Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Area Kupang saat ini sedang fokus memulihkan sambungan listrik pada 1.300 rumah pelanggan yang belum menyala karena dampak angin kencang Minggu 10 Maret lalu.

Manajer UP3 Kupang Arif Rohmatin mengatakan itu saat dihubungi VN, Selasa (12/3).

Ia menjelaskan gangguan pada jalur-jalur utama telah berhasil diperbaiki meski dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Saat ini pihaknya fokus memulihkan layanan listrik di 1.300 rumah penduduk sesuai laporan yang masuk ke PLN Kupang.

“Kami terus kebut lakukan pemulihan dan sudah berhasil pada jalur utama dengan tingkat kesulitan tinggi, dan saat ini kami fokus pada laporan 1.300 rumah pelanggan yang belum menyala,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat hujan disertai angin kencang, dan sebelumnya juga terjadi puting beliung di Kupang, ratusan pohon tumbang menimpa kabel jaringan maupun tiang listrik.

Pihaknya terus berupaya keras agar pemadaman listrik tidak berlangsung lama. Khusus kemarin, diterjunkan 150 personel PLN untuk menormalisasi jaringan listrik di Kupang dan sekitarnya.

“Kami mohon maaf atas gangguan pelayanan kami. Mohon doanya semoga cepat pulih. Saat ini kami fokus pada perbaikan dulu dan normalisasi jaringan hingga ke pelanggan. Untuk info pengaduan mohon dapat menghubungi nomor 123 agar laporan terekam dan petugas bisa segera datang memberikan pelayanan. Dia meminta para pelanggan agar tidak memberikan uang kepada petugas atau teknisi yang melakukan perbaikan,” pungkas arif.

Petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan. Foto: PLN
Petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan. Foto: PLN

Hingga kemarin, masih tersisa 5 titik jaringan listrik induk wilayah Baun yang sedang dalam proses perbaikan oleh tim UP3 PLN Kupang. Wilayah ini menjadi yang terparah gangguan listriknya akibat hujan angin.

Karena itu, beberapa wilayah di Baun dan sekitarnya hingga Senin (12/3) malam, masih belum menyala listriknya. Saat dikontak kemarin siang, Arif menargetkan pada sore kemarin pelanggan di wilayah itu sudah bisa menikmati listrik.

“Jalur utama yang belum pulih itu di daerah Baun dan yang jalur utama lain pulihnya tadi malam (Senin 12/3) sekitar jam 11 (pukul 23.00 Wita),” kata dia.

Petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan. Foto: PLN
Petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan. Foto: PLN

Pada Selasa kemarin, petugas sudah mulai bergerak melakukan perbaikan sambungan listrik untuk masyarakat.

“Untuk perbaikan di wilayah layanan kami, ada 150 personel yang turun, masing-masing 15 regu, karena sampai tadi malam (Senin), ada 1.300 sambungan rumah pelanggan terdampak sesuai laporan yang masuk. Jadi kami lakukan perbaikan kabel listrik sesuai laporan yang masuk juga,” ungkapnya.

 
Pembangkit Aman
Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Ignatius Rendroyoko memastikan tidak ada masalah denngah maupun tegangan rendah,” papar Rendroyoko.

Ia megan pembangkit listrik yang ada. “Semua mesin pembangkit siap dalam kondisi aman, tidak terdampak dan beroperasi normal. Persoalan ada di jaringan yang menjadi korban angin kencang akibat tertimpa pohon, baik di jaringan tegangan meneminta pengertian dan kesabaran masyarakat. Warga juga diharapkan memberi kesempatan kepada petugas PLN untuk melakukan pemulihan secara bertahap.

Petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan. Foto: PLN
Petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan. Foto: PLN

“Mohon masyarakat untuk bersabar, karena titik gangguan cukup banyak. Akibat pohon tumbang menimpa travo, ada yang menimpa kabel TM, bahkan ada seng yang beterbangan menimpa kabel. Semuanya sedang ditangani,” pungkas Rendroyoko. (mg-06/mg-05/D-1)