Pria di Jepang Ciptakan Kopi yang Terbuat dari Bawang Putih

berbagi di:
kopi bawang putih

 

 

Yokimoto Shimotai, pemilik kedai kopi di Prefektur Aomori, Jepang, adalah orang yang pertama kali menemukan kopi berbahan dasar bawang putih.  Uniknya, penemuannya itu berawal dari kesalahan saat dirinya memanggang steak pada 30 tahun lalu.

Ketika itu, Shimotai memanggang steak dan bawang putih pada waktu yang bersamaan. Sayangnya, bawang putih itu terpanggang hingga hangus. Aroma hangus bawang putih itulah yang akhirnya menarik perhatian Shimotai.

Dilansir dari odditycentral (17/10) Pria yang kini berusia 74 tahun itu lalu menumbuk bawang putih tersebut hingga halus dan mencampurnya dengan air panas. Tidak disangka, minuman yang dia hasilkan terlihat dan memiliki rasa seperti kopi.

Shimotai kemudian membuat catatan tentang penemuannya. Barulah setelah pensiun dari pekerjaanya, Shimotai melakukan penelitian lebih dalam terhadap kopi bawang putih.
Shimotai menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengoptimalkan penemuannya tersebut. Ia bertekad menjadikan kopi bawang putih sebagai produk komersial.

“Minuman yang saya buat mungkin yang pertama di dunia dari jenisnya (kopi),” kata Shimotai kepada Kyodo News.

Untuk membuat racikan kopinya, Shimotai terlebih dahulu memanggang bawang putih dengan panggangan listrik. Setelah dingin, Shimotai menumbuk bawang putih hingga dapat dilarutkan dan mengikatnya dengan dripbag coffee atau kantong pembungkus kopi.

Menurut Shimotai, rasa pahit dari bawang putih yang terbakar itulah yang membuatnya seperti kopi.

“Rasa pahit dari bawang putih yang terbakar ternyata membuatnya terasa seperti kopi,” kata Shimotai.

Shimotai juga mengatakan, meskipun terbuat dari bawang putih, kopi racikannya tidak menyebabkan bau mulut. Menurutnya, hal ini dikarenakan bawang putih sudah dimasak hingga matang.

Dia menambahkan, kopi bawang putih aman dikonsumsi wanita hamil karena bebas kafein.

“(Kopi) ini tidak mengandung kafein sehingga sangat baik bagi mereka yang ingin minum kopi di malam hari ataupun bagi wanita hamil,” ujarnya.

Kopi unik ini dijual Shimotai seharga 324 Yen atau sekitar Rp 38.000 per kantong dripbag-nya.
Sumber: Kumparan