Ratusan Warga Manfaatkan Layanan Kesehatan Gratis TNI di Baumata Timur

berbagi di:
Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Arief Hartono memantau pengobatan gigi di sela kegiatan Baksos TNI AU di di SDN 2 Baumata Timur, Selasa (7/8). Foto: Ryan Tapehen/VN

Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Arief Hartono memantau pengobatan gigi di sela kegiatan Baksos TNI AU di di SDN 2 Baumata Timur, Selasa (7/8). Foto: Ryan Tapehen/VN

 
Ryan Tapehen

Ratusan warga di Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang berdatangan ke pos bakti sosial kesehata di SDN 2 Baumata Timur, Selasa (7/8).

Lanud El Tari rupanya sedang menggelar sejak pukul 08.00 Wita. Bakti sosial dilakukan untuk merayakan Hari Bakti ke-71 TNI AU yang jatuh pada tanggal 29 Juli lalu.

Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Arief Hartono mengungkapkan baksos merupakan bentuk kepedulian Lanud El Tari terhadap masyarakat di sekitar Lanud El Tari.

“Bakti sosial ini bertujuan memberikan pelayanan kesehatan berupa pengobatan umum, pelayanan gigi, pelayanan kandungan berupa USG, dan khitanan dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI AU dengan rakyat,” jelas Arief dalam sambutannya.

Selain mendekatkan diri dengan masyarakat, ia mengatakan, TNI AU juga berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan.

Dr Suparto, salah satu dokter TNI AU kepada VN mengungkapkan bahwa baksos kali ini cukup lengkap di antaranya ada sunatan massal, pengobatan umum, pengobatan gigi, ada bedah minor, iva, pemberian vaksin hepatitis serta USG kandungan.

Untuk menyukseskan itu, TNI AU juga menggandeng beberapa mitra di antaranya dari rumah sakit (RS) Bhayangkara, RS Wirasakti, RS Angkatan Laut Yos Sudarso, RS Dedari, dan petugas dari klinik satuan radar TNI AU Buraen.

Emilianus Missa, salah satu pasien yang juga guru di SDN 2 Baumata Timur mengungkapkan bahwa pelayanan kesehatan seperti itu sangat dibutuhkan masyarakat.

Missa mengaku senang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis untuk mengetahui tekanan darahnya yang dinyatakan berpotensi tinggi dan mendapat obat gratis.

Ia berharap kegiatan ini bisa dilakukan setiap tahun. (bev/ol)