Sahabat Gubernur dari Swiss Berkunjung ke SMKN di Kota Kupang

berbagi di:
Sahabat Gubernur VBL, Mr Richard Orthman dari Swiss berdialog dengan para guru dan peserta didik di SMKN 4 Kupang, Kamis (25/10). Foto: Alfred Otu/VN

Sahabat Gubernur VBL, Mr Richard Orthman dari Swiss berdialog dengan para guru dan peserta didik di SMKN 4 Kupang, Kamis (25/10). Foto: Alfred Otu/VN

 

Alfred Otu

Sahabat Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), Mr Richard Orthman dari Swiss Berkunjung ke SMKN 1 dan SMKN 4 Kota Kupang, Kamis (25/10). Richard dalam kunjungan tersebut didampingi Kadis Pendidikan Provinsi NTT Johanna E Lisapaly.

Pantauan media ini, saat tiba di SMKN 1 Kupang, rombongan disambut dengan pagar betis dan suguhan tarian khas NTT yang dibawakan peserta didik SMKN 1 Kupang, lalu mereka diterima di salah satu ruangan yang telah dipersiapkan untuk melaksanakan dialog dengan para guru SMKN 1 Kupang. Hal yang sama juga dilakukannya saat berkunjung ke SMKN 4 Kupang.

Salah satu isu yang diangkat dalam dialog dengan para guru dan siswa di dua sekolah tersebut yakni terkait masalah sampah di Kota Kupang khususnya di Bandara El Tari dan beberapa destinasi wisata di Kota Kupang.
Mr Richard mengaku kagum dengan keindahan alam NTT khususnya Kota Kupang, sehingga NTT layak dijadikan provinsi yang menjadikan pariwisata sebagai leading sektor pembangunan sesuai dengan visi dan misi gubernur NTT. Guna menunjang program pembangunan pariwata yang dicanangkan pemerintah tersebut, ia mendorong agar SMKN 1 dan SMKN 4 Kupang membangun kerja sama dengan pihak bandara El Tari Kupang dan pemerintah daerah agar secara sukarela membersihkan sampah di Bandara El Tari Kupang, tempat-tempat wisata, dan titik-titik strategis lainnya di Kota Kupang.

“Saya harapkan ada kerja sama agar sekolah bisa mengarahkan murid-murid untuk membersihkan sampah di airport tiap minggu secara bergantian dan dikoordinir oleh Dinas terkait. Saya akan kembalikembali bulan januari untuk melihat kemajuannya,” jelasnya dalam bahasa Inggris.

Ia berharap lulusan SMKN 1 dan SMKN 4 Kupang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mapan untuk terjun di dunia kerja. Ia juga menyampaikan komitmennya untuk bekerja sama di bidang pendidikan kejuruan khususnya SMKN 1 dan SMKN 4 Kupang yang ia kunjungi. Selain itu Mr Richard juga berkomitmen membangun kerja sama untuk pembangunan pariwisata di NTT.

Kepala SMKN 1 Kupang Mathias M Beeh mengaku bangga karena sekolah tersebut menjadi sekolah pertama yang dikunjungi sahabat gubernur dari Swiss untuk melihat langsung fasitas dan aktivitas pendidikan Jurusan Manajemen Pariwisata, Manajemen Bisnis, Administrasi Perkantoran, akuntansi, Teknik Komputer dan Jaringan.

Ia berharap melalui kunjungan tersebut, Pemerintah Swiss mengatahui lingkungan sekolah dan kemajuan pendidikan kejuruan di Indonesia khususnya di NTT. Sehingga bisa mempersiapkan sumber daya manusia yang siap terjun di dunia kerja sesuai harapan para Investor. Pihaknya bersedia berkolaborasi dengan pemerintah untuk membersihkan sampah.

“Kami dari pihak sekolah siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk rutin membersihkan Bandara dan beberapa tempat wisata yang ada,” tegasnya.

Sementara Kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu menegaskan bahwa kehadiran sahabat gubernur menjadi semangat baru dalam meningkatkan kesadaran peserta didik dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. SMKN 4 juga siap bekerja sama mengedukasi peserta didik untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Kami sampai saat ini masih menerapkan Jumat Bersih dan setiap hari pada akhir pelajaran peserta didik melakukan pembersihan pada ruang kelas atau laboratorium,” jelasnya. (mg-07/H-2)