Situs Web Treaty Room: Inovasi Terbaru Kemlu

berbagi di:
5db803f5-948f-45fd-951f-fe97178fff51

 

 

“Salah satu inovasi terbaru Kementerian Luar Negeri dalam rangka pelayanan publik kepada bangsa Indonesia, dengan ini kami persembahkan situs web Treaty Room yaitu basis data perjanjian internasional (http://treaty.kemlu.go.id/). Situs web ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja oleh siapa pun. Situs web ini berisi berbagai perjanjian internasional yang telah ditandatangani Indonesia sejak merdeka yang tergolong sebagai informasi publik”, demikian ditegaskan Ibu Retno LP Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia saat meluncurkan situs web Treaty Room pada saat Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2018 di Jakarta, tanggal (9/1).

Lebih lanjut disampaikan oleh Dr. iur. Damos D. Agusman, Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, bahwa situs web tersebut berisi ribuan lebih perjanjian internasional. Situs web yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional merupakan bentuk akuntabilitas dan transparansi Kementerian Luar Negeri kepada masyarakat Indonesia dan asing, serta menjadi sarana edukatif untuk generasi muda.

Pengunjung situs web, terdiri dari berbagai lapisan yaitu para pembuat kebijakan, anggota parlemen, kalangan pengusaha, pemerhati hukum, analis politik luar negeri, akademisi dan mahasiswa kini dapat dengan mudah menemukan perjanjian internasional yang ditandatangani Indonesia dengan negara lain dengan cepat.

Sebelum peluncuran web secara resmi, Dirjen Damos telah menyampaikan paparan video tutorial web Treaty Room kepada Menlu Retno Marsudi dan Wakil Menlu AM Fachir, pada tanggal 8 Januari 2018. Di samping peluncuran web, booth Ditjen HPI pada Pameran Tiga Tahun Capaian Diplomasi Indonesia menampilkan beberapa perjanjian bersejarah termasuk perjanjian pertama Indonesia dengan Mesir tahun 1947 dan perjanjian orisinal Treaty Amity and Cooperation yang membentuk ASEAN tahun 1976.

(Sumber Ditjen HPI: DDA-JET)