SKN Raih Juara Umum Pencak Silat Bupati Cup

berbagi di:
Para pesilat, pelatih, dan ofisial Sanggar Seni dan Olahraga Kertanegara (SKN), Kelurahan Kemala Putih, Kecamatan Kota Waingapu, foto bersama usai dinobatkan sebagai juara umum Kejuaraan Pencak Silat Bupati Sumba Timur Cup 2017, kemarin malam. Foto: Frangky Johannis/ VN

Para pesilat, pelatih, dan ofisial Sanggar Seni dan Olahraga Kertanegara (SKN), Kelurahan Kemala Putih, Kecamatan Kota Waingapu, foto bersama usai dinobatkan sebagai juara umum Kejuaraan Pencak Silat Bupati Sumba Timur Cup 2017, kemarin malam. Foto: Frangky Johannis/ VN

 
Frangky Johannis

Sanggar Seni dan Olahraga Kertanegara (SKN), Kelurahan Kemala Putih, Kecamatan Kota Waingapu, Nusa Tenggara Timur berhasil meraih juara umum Kejuaraan Pencak Silat Bupati Sumba Timur Cup 2017, yang diselenggarakan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia didukung Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur.

Ketua Panitia Pelaksana Jack Mboeik dalam laporan penutupan di aula serba guna Bank NTT Cabang Waingapu, Rabu (11/10) malam, mengatakan, SKN berhasil mendulang sembilan gelar juara pertama, yakni atas nama Kristoforus Novanto Milla pada Kategori Jurus Tunggal putra dan Afika Jumaida di bagian putri. Selain itu, pada Kategori Tanding, para pesilat SKN mendapat tambahan tujuh juara pertama, yakni Ady Daba Diba (kelas pra remaja),

Stefani Umbu Zogar (kelas B putri), Achmad Pua Yewa (kelas A putra), Marselina J Milla (kelas B putri), Richard Umbu Nggiku (kelas C putra), Ambu Lili Hunggurami (kelas D putri), dan Reinhard Prasetyo Riwu Doko (kelas D putra). Selain itu empat pesilat SKN lainnya menempati juara kedua, dan lima orang pesilat menjadi juara ketiga.

Untuk juara umum dua dan tiga, ditempati unit/ranting Letis, Kecamatan Lewa Tidahu dan Macan Timur yang merupakan gabungan unit/ranting dari wilayah Timur.
Proficiat
Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sumba Timur Ferdy Purambawa saat menutup Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2017 menyampaikan proficiat atas kerjasama yang baik di antara jajaran Pengkab IPSI Sumba Timur, panitia penyelenggara, pengurus dan pelatih seluruh unit/ranting yang ada di Kabupaten Sumba Timur sehingga penyelenggaraan Bupati Cup 2017 sukses.

Ia berharap ke depan Pengkab IPSI dan jajarannya harus terus berbenah dan bekerjasama dengan Dispora untuk menyelenggarakan pembinan atlet dan menyelenggarakan event-event seperti ini.

Ketua IPSI Sumba Timur Imanuel Nomleni menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara, wasit/juri, pelatih/ofisial, dan para pesilat dari seluruh unit/ranting yang mengambil bagian dan menyukseskan Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2017.

Nomleni juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga, yang mendukung IPSI dalam menyelenggarakan event tersebut.
Perlu Pembenahan
Senior PD Ferdy Amatae yang juga berprofesi sebagai wasit internasional mengkritisi kurangnya aparat pertandingan dalam event tersebut.

Menurutnya, dalam suatu pertandingan idealnya ada 26 orang aparat pertandingan, yakni dua orang ketua pertandingan, tiga dewan wasit/juri, satu orang sekretaris pertandingan, satu orang penghitung waktu, satu orang pemukul gong, dan 18 wasit/juri.

“Ke depan IPSI Sumba Timur harus berbenah dan melengkapi berbagai kekurangan tersebut, agar penyelenggaraan event-event seperti ini dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala,” katanya.

Namun, terlepas dari keterbatasan dan kekurangan tersebut, kata Ferdy, secara keseluruhan panitia penyelenggara dan IPSI Kabupaten Sumba Timur telah berupaya maksimal menyukseskan event ini. “Saya perlu memberikan apresiasi karena dengan keterbatasan tetapi tetap bersemangat untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab hingga kejuaraan ini selesai dengan baik,” ujarnya. (bev/ol)