Sortir Surat Suara, KPU Kupang Libatkan 160 Petugas

berbagi di:
img-20190316-wa0006

Para petugas sedang melakukan sortir surat suara. Foto: Yasinta/VN

 

Yasinta

KPU Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur melibatkan 160 petugas untuk melakukan sortir dan melipat surat suara untuk Pemilu 2019.

Pantaun VN, proses ini berlangsung baik dan tertib serta diawasi di polisi. Pekerjaan ini dilakukan pukul 08.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita.

“KPU menugaskan 40 pegawas KPU masing-masing harus bawa tiga orang pekerja ditambah dengan 40 pegawai jadi 160 orang, namun saat ini para pekerja tidak sampai jumlah itu,” ujar Kasubag Program dan Data Yeri Bere di sela-sela proses penyortiran, Jumat (15/03).

Para petugas sedang melakukan sortir surat suara. Foto: Yasinta/VN
Para petugas sedang melakukan sortir surat suara. Foto: Yasinta/VN

Salah satu pekerja yang tak mau disebutkan namanya mengaku mendapat upah Rp 88.000 per dos surat suara dengan jumlah mencapai 1.000 lembar surat suara.

Ia mengatakan upah tahun ini sama dengan tahun lalu. Namun, tahun ini mereka tidak lagi mendapat jatah uang makan karena keterbatasa anggaran.

“Waktu pemilihan wali kota kami dapat uang makan tapi sonde tau kenapa tahun ini tidak dapat mungkin karena pemilu serentak jadi pemerintah kurang anggaran,” ujarnya di sela waktu makan siang.

Untuk surat suara yang rusak, ia mengaku dalam 1 dos surat suara ditemukan dua sampai tiga surat suara yang tidak layak pakai. (bev/ol)