SPBU Valentine Group Pengelola SBPU Terbaik NTT

berbagi di:
foto-hal-09-pertamina-apresiasi-spbu-terbaik-di-kupang-edisi-181218

Rianik, pengelola SPBU Nomor 54.851 PT Valentine Group Kupang (kanan) foto bersama Retail Fuel Marketing Region Manager V Asep Wicaksono Hadi (dua dari kiri) usai penyerahan award SPBU Terbaik di Surabaya, Minggu (16/12).

 

SPBU Nomor 54.851 milik PT Valentine Group Kupang di jalan Perintis Kemerdekaan 99 Kelurahan TDM, Kota Kupang, NTT raih penghargaan Apresiasi pengelola SPBU Terbaik se -Provinsi NTT.

PT Valentine Group berhak menyandang predikat pengelola SPBU Terbaik bersama 33 SPBU lainnya dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi NTT sendiri masuk dalam PT. Pertamina (persero) Region V (Area Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT).

Penghargaan tersebut diserahkan Direktorat Pemasaran Ritel, Retail Fuel Marketing Region Manager V Asep Wicaksono Hadi di sela-sela kegiatan Fun Walk and Family Gathering HUT Pertamina ke-61 di Surabaya, Minggu (16/12).

Award pertama untuk NTT tersebut diterima oleh Rianik, pengelola SPBU Nomor 54.851 PT Valentine Group Kupang. “Kami gembira dan bangga karena baru kali ini NTT dapat. Tapi ini juga cambuk bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan secara baik dan profesional,” ujarnya kepada VN, kemarin.

Rianik menambahkan, semua SPBU yang dikelola PT Valentine Group di Kota Kupang, sudah mengikuti program PASTI PAS dan selalu diaudit oleh tim independen setiap bulannya oleh Pertamina.

“Kami selalu mengedepankan pelayanan yang baik dan kepuasan pelanggan kami. Intinya pelayanan harus baik dan pelanggan tidak boleh merasa dirugikan,” bebernya.

 

Banyak Kriteria
Terpisah, Marketing Branch Manager Pertamina NTT Mardian kepada VN, Senin (17/12) menjelaskan, ada berbagai faktor yang menjadi penyebab PT. Valentine Group diganjar penghargaan sebagai pengelola SPBU terbaik di NTT tahun 2018.

Menurutnya, SPBU PT Valentine memiliki BBM yang lengkap mulai, dari Pertamax, Pertalite, Dex, premium, dan solar. Selain itu, selama satu tahun ini PT. Valentien Group tidak pernah gagal mengaudit SPBU PASTI PAS. ” Audit ini dilakukan oleh auditor independen TUV,” jelasnya.

Ia menambahkan, PT. Valentien Group juga menyediakan layanan Non Fuel Retail dalam pelayanannya. Layanan ini seperti adanya ATM dan fasilitas mendukung lainnya di SPBU tersebut. “Layanan Non Fuel Retail itu produk layanan lain di luar BBM seperti adanya ATM dan fasilitas lainnya,” ujarnya.

 

Pasti PAS
Mardian menegaskan penilaian SPBU Terbaik tidak saja soal kuantitas (keakuratan takaran BBM) dan sarana pra sarana yang lengkap. akan tetap juga dinilai dari aspek SPBU PASTI PAS yang memiliki kuliatas baik.

“Kualitas SPBU yang baik itu seperti bagaiman karyawan yang bekerja tersenyum saat pelayanan, lalu bagaimana mereka memberikan sapaan dan salam serta pelayanan layanan terbaik lainnya kepada konsumen,” jelasnya.

Ia berharap ke depan, SPBU lain di NTT mengikuti program PASTI PAS. Karena saat ini sedikit saja SPBU yang melaksanakan program ini.

“Dengan SPBU PASTI PAS, akan meningkatkan standar layanan SPBU kepada masyarakat. Sehingga masyarakat puas bertransaksi di jaringan SPBU Pertamina,” ungkap Mardian.

Untuk diketahui, SPBU PASTI PAS adalah program unggulan Pertamina untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. Artinya; “Pas takarannya, pas pelayanannya”

SPBU wajib menandatangani kesepakatan diaudit oleh pihak ketiga dalam hal ini TÜV Rheinland Indonesia. Auditnya mulai dari kebersihan, format fisik, pelayanan, kualitas dan kuantitas BBM, dan banyak hal.

Efek Program PASTI PAS adalah tidak ada lagi SPBU yang curang dengan mengurangi takaran ataupun memanipulasi kualitas BBM.

Sementara itu, Ose Vegas, supir Travel Soe-Kupang kepada VN di sela-sela pengisian BBM di SPBU TDM, mengaku senang mengisi BBM di SPBU tersebut karena tdia meyakini takarannya tidak curang. Ia mencotohkan, untuk trayek Kupang-Soe PP, ia mengisi bensin sebanyak hanya Rp 300 ribu. Dan itu bisa sampai pulang pergi.

“Saya habis antar penumpang dari Soe ke Kupang, pasti isi bensin di sini. Karena selalu sesuai perkiraan. Jadi takarannya pasti pas,” ujarnya. (mg-05/E-1)