STIPAR Cemara Laut Diharapkan Mampu Lahirkan SDM yang Berkualitas

berbagi di:
STIPAR Cemara Laut Diharapkan Mampu Lahirkan SDM yang Berkualitas

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat mengadakan peletakan batu pertama lokasi pembangunan gedung STIPAR Cemara Laut. Foto: Gerasimos Satria/VN

 

Gerasimos Satria

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Gedung Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisaa (STIPAR) Cemara Laut Komodo, Kamis (29/11) di Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Gubernur VBL Viktor Bungtilu Laiskodat mengapresiasi Yayasan Cemara Laut yang mau mendirikan sekolah tinggi bidang pariwisata di Kota Labuan Bajo. Ia berharap, sekolah tinggi ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung pengembangan pariwisata di Labuan Bajo.

Ia berharap STIPAR Cemara Laut mampu melahirkan lulusan yang mampu bersaing dan menata sektor pariwisata di Mabar.

“Pariwisata merupakan ilmu masa depan. Kedepan pertanian yang berpikir pariwisataa dan perternakan berpikir pariwisata. Bila dilakukan dan ditata dengan baik,maka kita mampu membawa NTT bangkit,” ujar VBL.

 

Terkait masalah sampah di Labuan Bajo, ia berencana meminta Bupati Mabar dan Walikota Kupang menyerahkan pengelolaan ke pihak ketiga untuk mengurus Sampah.

“Labuan Bajo dan Kota Kupang adalah kota terkotor di NTT, Labuan Bajo sebagai kota pariwisata harus bebas dari masalah sampah sehingga pengelolahan sampah harus diserahkan kepada pihak ketiga,” ujarnya.

Bupati Mabar, Agustinus Ch Dula mengatakan STIPAR Cemara Laut menjadi sekolah tinggi kedua di Labuan Bajo. Ia berharap kehadiran sekolah tinggi ini bisa mendukung visi dan misi Gubernur NTT terutama soal pariwisata.

Sementara pemilik Yayasan Cemara Laut, Adeheid El Sendawoda mengatakan dalam tahun ajaran pertama pihaknya hanya akan membuka satu jurusa Ilmu Pariwisata. Jurusan akan dikembangkan sesuai kebutuhan.

Acara ini juga dihadiri Wakapolda NTT Brigjen Pol Yohanes Asadoma dan Kepala BIN Daerah NTT Brigjen TNI Adrianus S.A Nugroho. (bev/ol)