Tiga Anggota DPRD NTT Mengundurkan Diri

berbagi di:
gedung-dprd-ntt

 

 

Polce Siga

Tiga orang anggota DPRD Provinsi NTT mengundurkan diri karena maju sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati di dalam Pilkada Serentak di NTT tahun ini. Ketiga anggota Dewan itu adalah Amry A Konay (Partai NasDem), Nelson Matara (PDIP), dan Ampera Seke Selan (Demokrat). Ketiga anggota Dewan itu sudah mengajukan surat pengunduran diri ke pimpinan DPRD NTT ketika mendaftarkan diri ke KPU setempat untuk mengikuti Pilkada.

Amry Konay maju sebagai bakal calon Wabup Timor Tengah Setan (TTS), berpasangan dengan bakal calon bupati Epy Tahun. Nelson Matara yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD NTT itu maju sebagai bakal Cabup Kupang menggandeng Bernad Bait. Sementara Ampera Seke Selan maju sebagai Bacabup TTS menggandeng Yan Tanaem sebagai calon wakilnya.

Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno dalam penutupan masa persidangan tahun 2017 dan pembukaan masa persidangan tahun 2018, kemarin, menyampaikan bahwa ketika anggota Dewan itu telah memutuskan maju bertarung dalam pilkada.

“Kami sampaikan proficiat dan selamat berjuang kepada tiga wakil rakyat itu untuk menjadi kepala daerah. Kami sampaikan terima kasih atas dedikasi Pak Amry Konay, Pak Nelson Matara dan Pak Ampera Seke Selan,” ucapnya.

Juru Bicara KPU Provinsi NTT Josafat Koli mengatakan, jika ketiganya telah mengundurkan diri, maka proses pemberhentian dan pergantian antar waktu (PAW) menunggu usulan dari parpol. KPU, lanjutnya, hanya menunggu surat dari DPRD NTT terkait siapa-siapa yang menjadi pengganti ketiga wakil rakyat tersebut.

“Nanti surat dari DPRD ke KPU untuk segera diproses pergantiannya. Kami akan melihat dan memverifikasi urutan peroleh suara terbanyak. Contohnya, sesudah Pak Nelson itu urutan berikutnya siapa. Nanti kita lihat lagi di dokumen KPU,” ujarnya.

Ampere Seke Selan yang dihubungi VN di kantor DPRD NTT, mengatakan, ia telah mengajukan surat pengunduran diri. Menurutnya, ia maju sebagai calon Bupati TTS yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Ya, saya pulang kampung,” katanya.

Selain pilkada tingkat kabupaten, Pilgub NTT juga diikuti bakal calon yang berasal dari DPR RI yakni Viktor Bungtilu Laiskodat (Partai NasDem) dan Benny Kabur Harman (Partai Demokrat). Keduanya sudah mengajukan surat pengunduran diri dan berkas pengunduran diri itu pun sudah diserahkan ke KPU NTT saat mendaftar.

Viktor Bungtilu Laiskodat maju sebagai calon Gubernur NTT bersama Josef Nae Soi sebagai calon wakil Gubernur NTT. Keduanya diusung Partai NasDem, Partai Golkar, Hanura, dan PPP.
Benny Kabur Harman juga maju sebagai Cagub NTT mengandeng Benny A Litelnoni yang diusung oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (pol/H-2)