TNI Bantu Warga Bangun Jamban Sehat

berbagi di:
Anggota TNI Koramil 1625-05 Ngada- Nagekeo, Serda Blasius Bere, sedang memasang Jambanisasi di salah satu rumah warga Dusun 03 Watuapi, Desa Totomala, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

Anggota TNI Koramil 1625-05 Ngada- Nagekeo, Serda Blasius Bere, sedang memasang Jambanisasi di salah satu rumah warga Dusun 03 Watuapi, Desa Totomala, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

 

Bernard Sapu

Untuk mendukung program pemerintah di bidang kesehatan utamanya bagi warga kurang mampu, Koramil 1625-05 Ngada- Nagekeo melaksanakan jambanisasi melalui program Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban Untuk Keluarga Indonesia (Gema Sang Juara).

Anggota TNI Koramil 1625-05 Ngada- Nagekeo, Serda Blasius Bere, Senin (30/10) di Desa Totomala, Kecamatan Wolowae mengatakan program Gema Sang Juara bertujuan untuk lebih mempererat kemanunggalan TNI khususnya Koramil 1625-05 dengan masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Dalam pelaksanaan program ini selain kegiatan fisik berupa pembuatan jamban di rumah warga, juga sebagai sarana untuk berkomunikasi lebih dekat dengan masyarakat sehingga bisa mendengar dan menerima aspirasi dari warga serta dapat mengetahui apa yang menjadi kendala dan kesulitan selama ini,” ungkapnya.

Blasius menambahkan, prajurit TNI merupakan mitra pemerintah desa yang selalu siap bersinergi dan membantu menyukseskan setiap program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah binaan.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI dalam melaksanakan tugas di lapangan untuk membantu masyarakat,” imbuhnya.

Semenyata anggota TNI Koramil 1625-05 Ngada- Nagekeo, Sertu Laudowik P. Hurek mengatakan kegiatan jambanisasi dilaksanakan di Dusun 3 Watuapi karena warga yang berada di dusun ini belum mempunyai jamban di rumahnya hingga saat ini. Mereka hanya buang air di sungai atau kebun sekitar sehingga menimbulkan pencemaran sungai dan bau tak sedap.

Hurek berharap, melalui program jambanisasi, masyarakat di desa tersebut bisa lebih hidup sehat.

Salah seorang warga, Kristina Sawu mengatakan mengapresiasi kerja keras para TNI untuk warga agar mulai hidup sehat.

“Semoga dengan adanya program yang dilaksanakan oleh Koramil 1625-05 ini dapat membantu kesulitan masyarakat. Mereka mulai sadar akan pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan rapi, sehingga merasa nyaman menempati rumahnya sendiri. Seperti rumah saya ,sangat senang dan bersyukur mendapatkan bantuan dengan difasilitasi pembuatan jamban dari bapak – bapak TNI. Sekarang saya sudah punya jamban sendiri di rumah kalau mau buang air tidak usah repot – repot ke sungai lagi,” katanya.