Warga Mbeliling Butuh Listrik

berbagi di:
ilustrasi listrik

 

 

Gerasimos Satria

Sejumlah warga di Desa Cunca Wulang, Desa Compang Liang Ndara dan Desa Golo Damu Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur meminta PLN bisa segera memberikan fasilitas listrik.

Warga Desa Cunca Wulang, Vinsen Jemudi kepada VN Minggu (26/08) mengatakan Cunca Wulang merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Mbeliling dan menjadi salah satu destinasi wisata, namun sampai saat ini belum ada listrik di desa tersebut.

“Anak sekolah tidak belajar pada malam hari karena hanya ada lampu pelita dan cahaya lampu pelita tidak terang. Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran listrik di desa Cunca Wulang,’’ harap Vinsen.

Salah satu warga Desa Compang Liang Ndara, Ferdi Hanam mengaku ada ratusan kepala keluarga di desanya yang belum menikmati listrik padahal di desa tetangga yang tak jauh dari desa tempat ia tinggal yakni Desa Watu Nggelak sudah menikmati listrik.

Menurutnya, warga Desa Compang Liang Ndara terpaksa mengunakan mesin diesel dan setiap bulan warga harus membayar iuran Rp 100 sementara warga lain masih menggunakan pelita.

Dia berharap pemerintah dan DPRD Mabar untuk tidak menutup mata dengan keadaan masyarakat didesa. Selama ini usulan listrik telah diperjuangan masyarakat melalui musrembang di desa maupun tingkat kecamatan. Namun, hingga saat ini belum ada jawaban.

Untuk diketahui sebelumnya, pihak PLN Labuan Bajo mengaku saat ini pihaknya fokus pemasang jaringan di sejumlah desa di Kecamatan Mabar. PLN berharap masyarakat yang belum terpasang jaringan listrik bersabar dan memberi kepercayaan penuh kepada PLN untuk melakukan survey terlebih dahulu sebelum pemasangan jaringan pada desa yang belum dialiri listrik. (bev/ol)