1-3 Juli, Polres TTS Berikan Pelayanan SIM Gratis

berbagi di:
Kapolres TTS Totok

Kapolres TTS AKBP Totok Mulyanto

 

 
Mutiara Malahere

Satuan Lalulintas Polres TTS memberikan kesempatan bagi masyarakat Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur untuk mengurus Surat Ijin Mengemudi (SIM) secara gratis.

Pengurusan SIM gratis dalam rangka menyongsong HUT Bhayangkara ke-73 dan berlaku selama tiga hari mulai tanggal 1 – 3 Juli 2019.

Kepada VN Kamis (27/6) Kapolres TTS AKBP Totok Mulyanto melalui Kasat Lantas Iptu Anthonius Wastoro mengatakan bahwa pengurusan SIM gratis berlaku bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah TTS dan tentunya telah memenuhi syarat.

“Kami berikan kesempatan bagi masyarakat yang memegang KTP wilayah TTS agar dapat mengurus SIM secara gratis, dengan ketentuan telah memenuhi syarat lulus ujian teori dan praktik,” jelas Wastoro.

Pihaknya menilai masih banyak masyarakat yang belum mengantongi SIM karena tidak pernah mengurusnya dan enggan menghindari ujian sebagai persyaratan utama agar dapat menerbitkan SIM.

“Kami temukan di lapangan masih banyak masyarakat yang belum mengantongi SIM namun sudah mengemudikan kendaraan roda dua maupun roda empat, serta beralasan mengurus SIM sangat sulit karena harus lulus ujian dan sebagainya, sehingga khusus tanggal 1-3 Juli, kami akan membantu masyarakat untuk dapat memiliki SIM secara gratis,” jelas Wastoro.

Baginya SIM sebagai identitas masyarakat untuk berkendaraan di jalan raya sehingga masyarakat pun tidak perlu takut dan khawatir jika temukan petugas Satlantas yang menggelar operasi tilang, serta jangka waktu berlakunya SIM cukup panjang selama 5 tahun.

“Masyarakat yang telah memiliki SIM tidak lagi perlu khawatir jika ada kegiatan penilangan, karena surat administrasinya lengkap, bahkan mengurus SIM hanya untuk sekali dengan masa berlaku 5 tahun,” ujar Wastoro.
Pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan pelayanan SIM gratis dengan memenuhi persyaratan yang berlaku. (tia/S-1)