1.640 Sudah Disuntik Vaksin Sinovac dari Total 2.771 Nakes di Sikka

berbagi di:
img-20210210-wa0026

 

Dokter Clara Franchis
Jubir Satgas Covid-19 Sikka

 

 
Yunus Atabara

 
SEJAK hari pertama vaksinasi Sinovac Covid-19, Sabtu 6 Februari hingga Selasa 9 Februari, total Tenaga Kesehatan (Nakes) yang sudah mendapatkan suntikan vaksin sinovac di Kabuoaten Sikka, sebanyak 1.640 orang.

Total seluruh Nakes sebanyak 2.771 orang yang akan mengikuti penyuntikan vaksin terpusat di 19 titik, yakni 18 Puskesmas dan RS Dr TC Hillers Maumere. Dengan demikian tersisa 1.131 orang nakes yang sementara menunggu giliran untuk disuntik vaksin.

Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, Dokter Clara Franchis kepada VN Rabu (10/2) siang.

“Sejak hari pertama sampai hari keempat total Nakes yang sudah disuntik vaksin 1.640 orang, dari total 2.771 Nakes yang akan mengikuti vaksin. Jadi tersisa 1.131 orang yang belum disuntik vaksin,” kata Dokter Clara.

Saat ini, lanjut dokter Clara, proses penyuntikan vaksin sinovac kepada Nakes sementara berlangsung di 19 titik. Yakni di 18 Puskesmas dan RS Dr TC Hillers Maumere. Diharapkan akan selesai dalam waktu dekat.

Dari total 1.640 orang Nakes yang sudah dilakukan penyuntikan vaksin itu tidak termasuk 10 tokoh publik yang mengikuti penyuntikan vaksin perdana yang berlangsung di Puskesmas Wolomarang, Sabtu 6 Februari yang lalu.

Terkait apakah ada Nakes yang batal atau tunda vaksin dengan alasan tertentu, dokter Clara menjelaskan bahwa, Nakes yang batal atau tunda disuntik vaksin sinovac di hari pertama, setelah menjalani obsrvasi dapat mengikuti penyuntikan vaksin pada hari 4 dan seterusnya.

“Saat ini proses masih berjalan, sehingga belum ada data pasti yang gagal atau tunda. Nanti kita akan umumkan kalau semua sudah selesai,” kata Dokter Clara.(Yan/ol)