12 Paslon Daftar Hari Pertama, KPU NTT Imbau Kampanye Secara Daring

berbagi di:
foto-hal-01-cover-050920-paslon-ngada

 

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada, Paulus Siliwoa-Gregorius Upi saat mendaftar di KPU masing-masing kabupaten, kemarin.

 

 

Rafael L Pura

 

KPU sembilan kabupaten di NTT resmi membuka pendaftaran pasangan balon calon (paslon) bupati/wakil bupati periode 2020-2025, Jumat (4/9) kemarin. Tercatat ada 12 paslon di tujuh kabupaten yang mendaftarkan diri di hari pertama.

KPU Provinsi NTT sendiri mengharapkan agar paslon dan partai politik peserta pilkada 2020 di NTT melakukan kampanye secara daring.

“Dari beberapa metode kampanye khususnya yang melibatkan banyak pendukung misalnya pertemuan terbatas, tatap muka, itu memang sangat dibatasi dan diharapkan menggunakan metode daring,” ujar Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu, di Kupang, Jumat (4/9).

Akan tetapi, lanjut Dohu, jika tidak bisa melakukan kampanye secara daring maka pelaksanaannya harus menerapkan protokol penanganan Covid-19 secara sangat ketat seperti mengatur jarak, menggunakan alat pelindung diri,” katanya.

Kalau tidak dilaksanakan dengan daring atau tetap dilaksanakan dengan metode rapat umum, maka jumlah pendukung yang hadir dalam kamanye rapat umum itu dibatasi.

“Misalnya menggunakan stadion dengan kapasitas 1.000 orang, maka yang hadir itu hanya boleh 500 orang atau setengah dari kapasitas fasilitas yang ada dalam kampanye rapat umum dimaksud,” katanya.

Khusus untuk kampanye dengan metode rapat umum, memang diatur dalam peraturan KPU Nomor 6/2020 yaitu atau tentang pemilihan pada masa Covid-19. Dalam pengaturan itu terkait metode kampanye rapat umum hanya akan dilaksanakan kalau daerahnya adalah daerah zona hijau atau bukan zona merah. “Harus koordinasi dengan gugus tugas Covid-19 di daerah. Tetapi disarankan rapat umum diganti metode daring,” katanya.

 
12 Paslon Daftar

 

Sementara itu, proses pendaftaran sudah berlangsung di tujuh kabupaten. Disaksikan VN Di Malaka, paslon Stefanus Bria Seran-Wendelindus Taolin (SBS-WT) yang diusung enam parpol (PDIP, NasDem, Golkar, Gerindra, Hanura, dan Demokrat) menggelar acara deklarasi di kemarin.

Ribuan massa dari 12 kecamatan tumpah ruah di Lapangan Haitimuk-Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka guna menghadiri deklarasi SBS-WT.
Sekitar pukul 11.00 Wita, rombongan dari enam partai pengusung berserta SBS-WT memasuki arena diiringi tarian Likurai.

Baru sekitar pukul 15.00 Wita, SBS-WT dan partai koalisi, simpatisan, relawan, dan masyarakat menuju ke KPU Malaka untuk mendaftar. Mereka diterima Ketua Komisioner KPU Malaka Makarius Bere Nahak dan rekan komisioner.

Di Sabu Raijua, paslon Nikodemus Rihi Heke-Yohanes Ully Kale (2M) menjadi paslon yang pertama mendaftarkan diri ke KPUD setempat. Paslon 2M bergerak menuju KPU, bersama para petinggi dua partai pengusung yakni Partai Nasdem dan PKB serta kader dan partisipan.

Iringan-iringan masa di kawal Satuan Lalu Lintas dan juga beberapa aparat Polres Sabu Raijua. Memasuki halaman Kantor KPU, kedua pasangan calon menjalani pemeriksaan suhu badan dan kemudian disambut dengan tarian Ledo yang mengiringi rombongan memasuki Kantor KPU setempat.

Di Waingapu Sumba Timur, KPU setempat menerima dokumen pendaftaran paket Sehati (Kristofel Praing-David Melo Wadu). Ketua KPU Sumba Timur Oktavianus Landi menyatakan dokumen pendaftaran pasangan ini lengkap.

Di Sumba Barat, berkas paslon Marthen Ngailu Toni-Agustinus Bernadus Bora yang mendaftar juga dinyatakan sah oleh KPU setempat.

Ketua KPU Sumba Barat, Sri Demu Alemina Bangun mengatakan pendafaran paslon, dibuka selama tiga hari sejak kemarin (hari ini) sampai dengan Minggu (6/9). Di hari terakhir, batas akhir pemasukan berkas pendaftaran pukul 24.00 Wita.

Sedangkan paslon Agustinus Niga Dapawole-Gregorius HBL Pandango sukses mencuri perhatian di momentum pendaftaran, kemarin. Agustinus menyetir sendiri mobil saat menuju kantor KPU untuk mendaftarkan diri. Ia bersama pasangannya ditemani istri masing-masing dan pendukung.

Proses pendaftaran berpatokan pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Usai mencuci tangan, pasangan ini diterima langsung Ketua KPU Sumba Barat Sri Bangun yang didampingi para komisioner KPU di pintu masuk KPU. Tampak hadir Ketua Bawaslu Sumba Barat Yusti Rambu Karadji.

Sedangkan di Labuan Bajo, paslon Andrianus Garu-Anggalinus Gapul (Paket AG-AG) adalah paslon pertama mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Ngada. Paslon yang diusung PAN dan Hanura tersebut, tiba di Sekretariat KPU Mabar sekitar pukul 11.30 Wita, diantar Agustinus Ch Dula selaku Ketua DPD PAN Mabar, yang juga Bupati Mabar saat ini.
Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, KPU Mabar menerima kedatangan paket AG-AG dan rombongan. (mg-03/sat/mg-24/mg-02/kbn/R-4/yan/ol)