153 KK Desa Kalena Terima BLT

berbagi di:
img-20200522-wa0013

 

 

 

 

Frengky Keban

Setelah batal dua kali, akhirnya Jumat (22/5) pagi, 153 KK di Desa Kalena Wanno, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), NTT akhirnya menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang terdampak virus Covid-19.

Pemberian BLT, disaksikan Kasie PMD Kecamatan Kota Tambolaka, Agustina Virgo Ningsih Pare, pendamping desa Kecamatan Kota Tambolaka John Dapa, dan pihak keamanan.

Pantauan VN, sejak pagi warga sudah berdatangan ke kantor desa tempat dilangsungkan pembagian BLT. Rata-rata warga memakai masker sementara yang tidak menggunakan masker diminta pulang untuk mengambil masker.

Kepala Desa Kalena Wanno Vinsensius M Ngongo mengatakan awalnya ada 167 KK namun ada beberapa KK yang namanya masuk dalam penerima Bansos yang membuat data penerima BLT Dana Desa berkurang 56 KK sehingga menjadi 153 KK.

Ia meminta masyarakat desa untuk tidak berpolemik soal hal ini karena baginya semua itu sudah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Kalaupun ada anggaran yang tersisa sebutnya dana itu akan dikembalikan ke kas desa.

“Saya imbau uang ini digunakan untuk keperluan Bapak Ibu selama tinggal di rumah. Tidak boleh gunakan beli peci ataupun judi. Harus gunakan untuk beli beras dan kebutuhan lainnya. Kalau bapa mama ikuti apa yang kami sampaikan, kami pihak desa akan berusaha agar proses pencairan untuk BLT tahap II nanti bisa dipercepat supaya bantu lagi Bapak Mama. Di kesempatan ini, saya kembali ingatkan lagi di masa ini kami dari desa akan ketat kami akan koordinasi dengan pihak keamanan untuk lakukan pengawasan termasuk razia masker,” katanya.

Sementara, salah satu penerima BLT, Markus Kalumbang mengaku senang dengan bantuan tersebut.

Ia berjanjia akan menggunakan bantuan itu sebagai mestinya.

“Saya ingin berterima kasih kepada desa, Pemerintah daerah juga Pemerintah pusat yang mau membantu kami di tengah pandemi ini. Ini adalah berkat buat saya dan masyarakat lainnya,” tambahnya. (bev/ol)