17 Karyawan KSP TLM Ikut Pelatihan Keuangan

berbagi di:
20190704_104226

Para karyawan KSP TLM foto bersama sebelum mengikuti pelatihan. Foto: Sinta Tapobali/VN

Sinta Tapobali

Sebanyak 17 karyawan KSP TLM dari Divisi Audit Internal dan Divisi Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Tanaoba Lais Manekat (KSP TLM) mengikuti pelatihan SOP Pemeriksaan Laporan Keuangan di Hotel Elmylia, 4-5 Juli 2019.

I Wayan Wirawan sebagai pemateri mengatakan melalui pelatihan ini, peserta bisa melakukan proses pemeriksaan dan instrumen untuk audit internal keuangan koperasi secara lebih baik.

“Berbicara tentang pemeriksaan berarti tujuan utamanya untuk membangun suatu sistem pemahaman dari internal audit, bagaimana menjaga aset koperasi dengan cara melaksanakan prosedur-prosedur audit sesuai dengan standar audit internal,” ungkapnya.

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting karena KSP TLM memiliki tanggungjawab kepada anggota maupun pihak ketiga yang mempercayakan dana mereka kepada KSP TLM, juga pihak pemerintah dan donatur.

“KSP TLM ini sudah semakin besar, dengan 38 cabang dan 600 pegawai yang tersebar di NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Bali. Nah semakin banyaknya cabang dan pegawai membuat laporan keuangan akan semakin kompleks sehingga diharapkan pelatihan ini mampu menambah dan memberikan pengetahuan baru khususnya untuk dua divisi ini,” paparnya.

Pemateri menekankan pada peserta bahwa laporan keuangan sangat penting karena menjadi dasar untuk menentukan atau menilai posisi keuangan sebuah koperasi. Laporan keuangan juga memiliki fungsi sebagai alat komunikasi antara data keuangan atau aktivitas keuangan perusahaan dan pihak – pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut. (bev/ol)