19 Rumah di Kodi Utara Ludes Dilalap Api

berbagi di:
Warga hanya bisa menatap rumah mereka yang dilalap api, Senin (4/9).

Warga hanya bisa menatap rumah mereka yang dilalap api, Senin (4/9).

Frengky Keban

Sebanyak 19 rumah di Kampung Puu Komi, Desa Bila Cenge-Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT,  Senin (4/9) siang ludes terbakar. Hanya tersisa beberapa rumah permanen yang berada di sekitar lokasi kebakaran. Rumah dan dapur yang pada umumnya terbuat dari gedeg bambu dan alang-alang tak tersisa lagi. Benih-benih jagung yang disimpan dalam rumah pun ikut terbakar.

Isak tangis anak-anak dan para ibu pun terdengar memilukan karena telah kehilangan tempat tinggal mereka.

Salah satu warga, Steven Rangga kepada VN dengan wajah sembab mengatakan ia sama sekali tidak mengetahui penyebab kebakarang.

“Saya tidak tahu. Saya hanya berusaha membantu menyelamatkan rumah yang ada bersama warga menyiram dengan menggunakan air yang ada. Sangat cepat sekali. Mungkin sekitar jam 1 kejadiannya tadi,” ujarnya sedih.

img_20170904_132546

“Kurang tahu jam berapa terjadinya. Karena begitu cepat terjadinya tadi. Kami saja hanya bisa menyelamatkan barang yang bisa kami bawa seperti lemari dan beberapa potong pakaian. Kalau soal kerugian saya belum tahu yang pasti saya dan keluarga masih berupaya untuk menyelamatkan apa yang bisa kami selamatkan,” ungkap Maria seorang warga lain di lokasi kejadian.

Sementara itu Camat Kodi Utara, Jeremia Tanggu mengaku belum mengetahu pasti penyebab kebakaran. Polisi masih berupaya menyelidikinya.

Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu sudah menginstruksikan Dinas Sosial Sumba Barat Daya dan dinas terkait lain untuk segera memberi bantuan kepada para korban kebakaran.