255 Pemuda Belu Ikut Pembinaan Pemuda Pelopor Keamanan Lingkungan

berbagi di:
Peserta sedang mengikuti pembinaan yang disampaikan oleh narasumber dari Kodim 1605 Belu.

Peserta sedang mengikuti pembinaan yang disampaikan oleh narasumber dari Kodim 1605 Belu.

 

 

Sebanyak 255 pemuda sekabupaten Belu mengikuti kegiatan Pembinaan Pemuda Pelopor Keamanan Lingkungan di Gedung Olahraga L.A Bone, Senin (25/3).

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Belu. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay.

Bupati Willy mengatakan pentingnya meningkatkan peran pemuda untuk mengamankan lingkungan masing-masing. Apalagi Pemilu 2019 akan segera dilaksanakan sehingga lingkungan yang aman dan kondusif akan sangat membantu terlaksananya pemilu dengan baik. Masyarakat juga akan hidup lebih nyaman apabila ketertiban masyarakat bisa terjaga dengan baik. Pemuda di lingkungan setempat punya peran untuk menjaga keamanan setempat dengan tidak melakukan tindakan yang berdampak pada terganggunya keamanan setempat.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Blasius Janggur mengatakan para peserta berasal dari organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Belu.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pemuda yang positif, membina ketrampilan pemuda, mengembangkan potensi pemuda, membantu mengarahkan pemuda untuk terlibat aktif menanggulangi permasalahan sosial di masyarakat, membangun integritas dan patriotisme pemuda serta membantu mereka untuk menyadari peran mereka untuk bisa membantu mengamankan lingkungan sekitar.

Kepala Dinas PPO Kabupaten Belu, Blasius Janggur.
Kepala Dinas PPO Kabupaten Belu, Blasius Janggur.

Menurutnya, Kabupaten Belu terletak di wilayah perbatasan Indonesia dan negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). Hal ini menyebabkan Kabupaten Belu rentan dengan berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Kegiatan Pembinaaan Pemuda Pelopor ini diharapkan bisa memberikan pondasi yang kuat bagi pemuda untuk memiliki semangat patriotisme, integritas tinggi, serta kepribadiaan, akhlak, mental, dan iman yang kokoh. Pemateri berasal dari beberapa instansi yakni Badan Narkotika Nasional (BNN), Dinas PPO, Badan Penanggulangan Bencana, Polres Belu, dan Kodim 1605.

Para pemuda, lanjutnya, perlu menyadari bahwa masa depan wilayah, kabupaten bahkan negara ada di pundak mereka. Sehingga para pemuda perlu berperan aktif di lingkungan masing-masing untuk mejadi pelopor keamanan dan aktif dalam berbagai kegiatan positif lingkungan.

“Kami harap pemuda di Belu bisa menghindari atau tidak terlibat perkelahian, tawuran, pencurian, pelecahan seksual, narkoba, judi dan kegiatan lain yang menganggu. Sebaliknya mereka harus bisa jadi inisiator untuk menjaga keamanan lingkungan dan kegiatan positif lainnya,” ujarnya.

Ia berharap, para peserta bisa mengikuti kegiatan ini agar mampu menjadi bekal dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara demi terwujudnya masyarakat yang aman, damai, dan tentram. (bev/ol)