28 Negara Berpartisipasi dalam IBT Presiden Cup XXIII

berbagi di:
KEJUARAAN TINJU PIALA PRESIEN---Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan 
Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Brigjen Johny Asadoma (dua dari kiri) 
didampingi Ketua Pengprov Pertina Nusa Tenggara Timur (NTT) Semuel 
Haning (dua dari kanan), Humas Kejuaraan Tinju Piala Presiden Chris 
Mboeik (kiri) dan dokter olahraga Christian Widodo (kanan) menyampaikan 
keterangan terkait kejuaraan tinju piala presiden ke-23 yang akan 
digelar di Labuan Bajo, Manggari Barat, NTT mulai 22-28 Juli 2019. 
Kejuaraan ini diikuti petinju dari 31 negara termasuk Indonesia. FOTO: 
MI/PALCE AMALO

 

 

Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan IBT Presiden Cup XXIII yang juga Ketua Umum PB Pertina, Brigjen Pol Johni Asadoma saat diwawancarai VN di Bandara El Tari Kupang, Kamis (18/7), sesaat sebelum ia terbang ke Labuan Bajo, mengatakan sudah 28 negara yang dipastikan mengirimkan petinjunya untuk ikut dalam kejuaraan tersebut. Total petinju dari ke-28 negara itu sebanyak 250 hingga 300 petinju.

“Hampir semua benua kirim petinjunya, kecuali Afrika. Semuanya ada,” ungkapnya.

Mantan petinju amatir yang pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang tinju kelas internasional itu, juga mengatakan bahwa hingga saat ini persiapan IBT di Labuan Bajo sudah mencapai 90 persen.

Johni yang juga Wakapolda NTT itu juga mengatakan bahwa penyelenggaraan event ini menggandeng sejumlah pihak seperti Pertina Pusat, Pengprov NTT, dan Pengkab Manggarai Barat dan seluruh Pemkab di daratan Flores.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk lokasi pelaksanaan tinju dengan membangun ring tinju, lokasi bazaar, dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk tenda-tenda dan tribun di Gorontalo, Labuan Bajo.

“Ini udah boleh dibilang 90 persenlah. Tidak ada kendala, semuanya lancar-lancar saja. Sudah bagus, lancar semua pokoknya. Bahkan nanti akan ada bazAar dan kita sulap lokasi menjadi lebih baik,” ucap Asadoma.

Labuan Bajo terpilih sebagai kota penyelenggara untuk sekaligus mempromosikan destinasi wisata tersebut, dan NTT pada umumnya.

Kejuaraan tinju Presiden Cup 2019 ini juga menjadi ajang try out bagi para petinju Pelatnas SEA Games dan petinju Pelatda NTT menuju Pra PON XX. Apabila ada petinju Pelatda NTT yang berhasil dalam kejuaraan tersebut, ia akan merekrut petinju tersebut untuk bergabung di Pelatnas SEA Games. “Try out saja, uji coba saja. Tapi kalau ada yang bagus, ya kita tarik ke Pelatnas,” tegas dia.

Ia berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan petinju-petinju Indonesia, baik tim A, B, dan C dapat bersaing dengan petinju-petinju dari negara lain. “Supaya kita sukses penyelenggaraan dan juga sukses prestasi,” ungkapnya. (mg-20/mg-17/C)