30 Bendahara Pengeluaran Ikut Pelatihan Perpajakan

berbagi di:
foto-hal-10-peserta-pelatihan-bendahara-pengeluaran-kpp-pratama-kupang-edisi-071119

Tampak para peserta menyimak materi yang disampaikan pemateri saat pelatihan perpajakan yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Kupang di Hotel Sahid T-More, Rabu (6/10). Foto: Rafael L. Pura/VN

 

 

Rafael L. Pura
KPP Pratama Kupang memberikan materi perpajakan dalam acara Pelatihan Bendahara Pengeluaran, di Hotel Sahid T-More Kupang, Rabu (6/10). Kegiatan itu merupakan kerja sama program dari Balai Diklat Keuangan (BDK) Denpasar dengan Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan Mahkamah Agung Repubilk Indonesia.
Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 4-8 November 2019 ini diikuti 30 peserta dari bidang bendahara pengeluaran (BP) se-NTT yang berada di bawah Mahkamah Agung, di antaranya BP Pengadilan Negeri, BP Pengadilan Agama, BP Tata Usaha Negara, dan BP Pengadilan Militer.

Kegiatan dibuka Yulan, Sekretaris Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya, ia berharap peserta mengikuti acara dengan serius mengingat pentingnya kewajiban perpajakan terutama aspek perpajakan yang menjadi kewajiban bendahara pengeluaran.

Pemateri yang dihadirkan dari KPP Pratama Kupang adalah tiga Account Representatif dari Seksi Pengawasan dan Konsultasi yaitu Veronika Lusia Lakawolo, Aang Kunaefi, dan Azhar Amrullah.

Materi pertama disampaikan oleh Azhar Amrullah yaitu tentang Ketentuan Umum Perpajakan dan PPH Pasal 21. Selanjutnya, Aang Kunaefi menyampaikan materi tentang PPH pasal 22, 23 dan 26. Materi terakhir PPH pasal 4 (2), PPN, PP 23, bea materai dan sesi tanya jawab disampaikan oleh Veronika Lusia Lakawolo.

Peserta terlihat sangat bersemangat, terbukti dengan banyak pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut kebanyakan terkait dengan kendala-kendala yang mereka alami di lapangan.

Di akhir sesi, pemateri memberikan soal-soal kasus dan pemecahannya secara teknis, seperti perhitungan pemotongan PPh Pasal 21. Hal itu dilakukan agar para peserta lebih menguasai materi secara teknis dan dapat dipraktikan dalam pekerjaan.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, Plt. Kepala BDK Denpasar, Endang Pancawardani, berharap Pelatihan Bendahara Pengeluaran ini dapat membentuk pengetahuan, keterampilan dan sikap ASN yang akan menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu supaya dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku. (mg-03/E-1)