60 Booth Ramaikan Expo Kreatif Anak Negeri 2020

berbagi di:
img-20200916-wa0016

Wakil Gubernur Josef Nae, Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat saat pembukaan Expo Kreatif Karya Anak Negeri 2020, yang digelar di Milenum Ballroom Kupang resmi dibuka pada hari ini, Rabu (16/9). Foto: Putra B Mula/vn.

 

 

 
Putra B Mula

 
TERDAPAT 60 booth stand atau ruang pamer ramaikan Expo Kreatif Karya Anak Negeri 2020 yang digelar di Milenum Ballroom Kupang resmi dibuka pada hari ini, Rabu (16/9).

Kepala Biro Ekonomi dan Kerja Sama NTT, Lery Rupidara dalam pengantarnya menegaskan hal itu sebelum kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi.

Ia menyebut UMKM yang ada dapat mengikuti business matching, business coaching mengenai SNI, BPOM dan perijinan, HAKI (Hak atas kekayaan intelektual), e-Commerce dan market place.

“Kita harap expo ini dapat berpengaruh sebagai trigger untuk expo selanjutnya di wilayah lain di NTT,” ungkapnya.

Expo ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK) NTT bekerja sama dengan Biro Ekonomi dan Kerja sama Setda NTT. Hal ini sesuai arahan Pemerintah Provinsi NTT, OJK dan Bank Indonesia dalam rangka mempercepat Pemulihan Ekonomi Nusa Tenggara Timur dari efek pandemi Covid-19. Expo yang melibatkan UMKM lokal ini nantinya berlangsung dua hari yakni hingga Kamis (17/9).

Plt. Direktur Bank NTT, Alex Riwu Kaho kepada VN juga membenarkan adanya 60 booth yang dibuka pada kesempatan tersebut termasuk 42 di dalamnya adalah booth stand dari UMKM.

“42 UMKM sisanya mitra-mitra UMKM,” kata dia.

Pantauan VN, terdapat booth stand dari lembaga-lembaga yang nantinya bermitra dengan UMKM dari korporasi, perijinan, perdagangan, CSR dan lainnya seperti seperti mitra transportasi online Kupang Jack, BPJamsostek, Dinas Kesehatan dan BPOM, Dinas Perindag, dan booth stand dari Perwakilan Kementerian Keuangan. Pelaku UMKM juga mendapatkan kesempatan melakukan konsultasi terkait hal-hal tersebut langsung dengan lembaga-lembaga atau dinas terkait.

Expo tersebut dihadiri oleh Julie Sutrisno Laiskodat selaku Ketua Dekranasda NTT sekaligus Anggota Komisi IV DPR RI, Kepala OJK NTT Robert Sianipar, Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT I Nyoman Ariawan Atmaja, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Lydia Kurniawati Christyana, Forkopimda dan Wakil Wali Kota Kupang Herman Man. (Yan/ol)