Ada Satelit Baru Untuk Akses Internet Gratis

berbagi di:
img-20210128-wa0036

 

 

 

Putra Bali Mula

Pemerintah Indonesia sedang mengembangkan satelit untuk memberikan layanan internet gratis yang dapat diakses masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan Anang Latif, Direktur Utama BAKTI Kominfo saat memaparkan materi dalam webinar MGN (Media Group News) Summit 2021 Wonderful Indonesia, Kamis (28/1).

Anang menyebut satelit multifungsi bernama Satria (Satelit Indonesia Raya) ini dikembangkan di Perancis dan nantinya akan diluncurkan pada 2023 dibantu Space X.

“Pemerintah siapkan satelit satria di Perancis dan akan diluncurkan menggunakan Space X. Satelit untuk titik-titik layanan publik dan akan gratis diberikan WiFi dan untuk mendukung pariwisata,” jelasnya.

Selain menjawab kebutuhan konektivitas, lanjut dia, layanan satelit ini pun untuk mendukung pelayanan prima di wisata super prioritas yang masih terkendala jaringan internet.

“Termasuk pembangunan wisata di labuan Bajo perlu dilengkapi dengan sinyal yang kuat sehingga dapat lebih baik,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate pada kesempatan berbeda menjelaskan peluncuran satelit Satria ini untuk mendukung pembangunan transformasi digital di Indonesia yang diminta Presiden Joko Widodo untuk dipercepat kala pandemi Covid-19. Targetnya satelit ini akan beroperasi pada kuartal III 2023. (bev/ol)