Ada Tiga Jenis Bencana yang Terjadi di Wilayah NTT

berbagi di:
img-20210220-wa0029

 

Distribusi logistik dengan helikopter di lapangan Motang Rua Ruteng. Sumber Foto: Pusdalops Provinsi NTT.

 

 

 
Putra Bali Mula

 

 

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT menyebut ada tiga jenis bencana potensial yang terjadi di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur sejak Januari 2021.

Sesuai laporan BPBD kabupaten di wilayah Provinsi NTT, jelas Thomas saat dihubungi VN pada Sabtu (20/2), tiga jenis bencana ini yaitu banjir, longsor dan angin kencang.

Ia juga merinci kabupaten-kabupaten yang potensial mengalami kejadian tersebut saat dihubungi VN melalui sambungan telepon saat itu.

Menurutnya, Kabupaten Sikka, Nagekeo, TTU, Rote adalah kebupaten dengan kondisi banjir yang seringkali terjadi. Untuk kejadian longsor terjadi di wilayah Manggarai Timur, Manggarai, Kota Kupang, Manggarai Barat. Sedangkan kejadian angin yaitu di lebih menimpa Kabupaten Rote Ndao, Belu dan Malaka.

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan kabupaten-kabupaten dimaksud dalam penanggulangan bencana yang terjadi terutama akan kebutuhan logistik yang sangat diperlukan.

“Terutama logistik ya dan kabupaten-kabupaten itu sudah siap. Ini disesuaikan dengan bencana. Antisipasi ini kalau ada pengungsi karena banjir dan longsor ini ya logistik ini penting,” ungkapnya.

Alat berat seperti eksavator dan alat-alat berat lainnya yang dapat membuka akses ini juga sangat diperlukan dalam penanggulangan bencana.

“Itu kita koordinasikan langsung dengan para bupatinya,” kata dia.

Sebelumnya, BPBD NTT juga mengerakkan Helikopter membawa bantuan logistik bagi Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur Jumat (19/02). Ini dilakukan dalam upaya penanggulangan bencana hidrometeorologi dan pandemi Covid19.

Jenis Logistik yang dikirim berupa alat kesehatan seperti hazmat disposible/cover all, masker KN95, masker KF94, masker medis, masker kain/hijab, face shield, shoe cover, hand spray dan hand sanitizer bersumber dari bantuan pusat Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Helikopter landing di lapangan Motang Rua Ruteng dengan penjagaan ketat pihak TNI dari Kodim Manggarai dan di Manggarai Timur Helikopter landing di alun-alun kantor Bupati Kabupaten Manggarai Timur. (Yan/ol)